visitaaponce.com

Arus Mudik Diprediksi Meningkat, Siapkan Perlindungan Perjalanan

Arus Mudik Diprediksi Meningkat, Siapkan Perlindungan Perjalanan
Sejumlah feri berlabuh di Pelabuhan Bastiong Ternate, Maluku Utara, Kamis (28/3/2024).(Antara/Andri Saputra)

SURVEI yang dilakukan oleh Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menunjukkan pada momentum Lebaran tahun ini akan terjadi lonjakan jumlah pemudik. Diperkirakan terdapat sebanyak 193 juta orang melakukan perjalanan mudik.

Mengutip pernyataan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada website www.dephub.go.id, tren pergerakan masyarakat secara nasional berpotensi mencapai 71,7% dari jumlah penduduk Indonesia atau sebanyak 193,6 juta orang. Angka tersebut meningkat pesat dibandingkan potensi pergerakan masyarakat pada masa Idul Fitri 2023 yakni 123,8 juta orang.

Menanggapi hal ini, Sekretaris Perusahaan Asuransi Jasindo, Brellian Gema, menjelaskan pihaknya melihat peluang baik di momentum Lebaran ini. "Kami ingin memberikan rasa aman bagi masyarakat yang melakukan perjalanan mudik, yaitu dengan menyediakan solusi perlindungan yang tepat," katanya pada Kamis (28/3).

Baca juga : Doa-Doa Perjalanan Bepergian Mudik, Wisata, Tugas agar Selamat

Pihaknya merilis Jasindo Mudik yang tidak sekadar menyediakan perlindungan standar seperti asuransi perjalanan pada umumnya. "Produk ini memberikan manfaat perlindungan kecelakaan diri, kebakaran rumah, dan pencurian rumah," ucap Brellian dalam keterangan tertulis, Kamis (28/3).

Proses pembeliannya hanya perlu mengakses melalui website resmi Jasindo. Selain itu, tata cara klaim juga sangat sederhana. 

Sebagai informasi, dalam proses klaim, dokumen yang diperlukan berbeda untuk setiap jaminan. Untuk manfaat kecelakaan diri, peserta harus menyertakan surat dokter/rumah sakit yang dilengkapi dengan struk pembayaran.

Untuk manfaat kebakaran dan pencurian/perampokan, peserta harus melampirkan foto kejadian, surat keterangan RT/RW, dan surat keterangan kepolisian. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat