visitaaponce.com

Chandra Asri Raup Pendapatan Bersih US2,15 Miliar di 2023

Chandra Asri Raup Pendapatan Bersih US$2,15 Miliar di 2023
Ilustrasi(Chandra Asri Pacific)

PT Chandra Asri Pacific Tbk (Chandra Asri Group) membukukan pendapatan bersih sebesar US$2,15 miliar di sepanjang 2023. Perusahaan juga mempertahankan Liquidity Pool sebesar US$2,67 miliar yang terdiri dari kas dan setara kas sebesar US$1,4 miliar, Surat Berharga senilai US$1,02 miliar, dan Fasilitas Committed Revolving Credit sebesar US$201 juta.

Dengan pencapaian itu, posisi aset Chandra Asri tercatat US$5,61 miliar di akhir 2023 atau naik 13,9% dari posisi aset 2022 yang hanya US$4,92 miliar," ujar Direktur Chandra Asri Group, Suryandi, melalui keterangan tertulis, Kamis (28/3).

Ia juga mengumumkan bahwa perusahaan secara resmi memakai nama Chandra Asri Pacific dari sebelumnya Chandra Asri Petrochemical. Perubahan nama itu dilakukan untuk mendukung ekspansi bisnis dari petrokimia menjadi sektor infrastruktur.

Baca juga : Laba Raksasa Teknologi Tiongkok Huawei pada 2023 Melesat

Ekspansi dimulai melalui anak perusahaan Chandra Asri Group, yakni Chandra Daya Investasi (CDI) yang mengakuisisi Krakatau Chandra Energi (sebelumnya dikenal sebagai Krakatau Daya Listrik) dan Krakatau Tirta Industri yang masing-masing merupakan bisnis energi dan air.

Krakatau Chandra Energi juga berinvestasi hingga US$200 juta untuk meningkatkan kepemilikannya di Krakatau Posco Energy (KPE) dari 10% menjadi 45%, serta rencana pembangunan pembangkit listrik baru berkapasitas 200 megawatt setelah menyelesaikan keputusan investasi.

Pada akhir 2023, Chandra Asri Group juga bermitra dengan The Electricity Generating Public Company Limited (EGCO) melalui investasi EGCO di CDI dengan total investasi sebesar US$194 juta.

Serangkaian transaksi itu menunjukkan komitmen perusahaan dalam membangun kemitraan yang kuat. mereka juga serius memperkuat peran sebagai investor utama di sektor energi, sambil bertujuan untuk meningkatkan kinerja bisnis dan mengurangi risiko dengan menciptakan sistem terintegrasi dan terkoneksi di dalam kompleks industri di Cilegon.

"Ekspansi ini sesuai dengan strategi Programmatic M&A, yang memanfaatkan kekuatan keuangan Chandra Asri Group dan reputasinya sebagai mitra tepercaya untuk pertumbuhan," tandas Suryandi. (RO/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat