visitaaponce.com

BYD, Produsen Kendaraan Listrik asal Tiongkok, Bangun Pabrik di Subang Smartpolitan

BYD, Produsen Kendaraan Listrik asal Tiongkok, Bangun Pabrik di Subang Smartpolitan
Ilustrasi(AFP)

Subang Smartpolitan Green, Smart, and Sustainable City, kota mandiri terintegrasi untuk kawasan industri dan komersil di Subang, Jawa Barat, menyambut pembangunan pabrik Build Your Dreams (BYD), perusahaan produsen kendaraaan listrik (electric vehicle/EV) asal Tiongkok. BYD menjadi tenant terbesar baru di kawasan tersebut.

VP Sales, Marketing Tenant Relations Subang Smartpolitan Abednego Purnomo mengatakan, pendirian pabrik kendaraan listrik oleh BYD menandakan langkah penting dalam mendorong investasi berkelanjutan di Indonesia.

"Kehadiran BYD di Subang Smartpolitan merupakan bukti nyata daya tarik kawasan kami sebagai pusat industri terdepan, khususnya dalam sector otomotif. Kami optimis bahwa capaian ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan transisi menuju energi bersih," ujar Abdednego melalui keterangan tertulis, Selasa (30/4).

Baca juga : Honda Rencanakan Bangun Pabrik Kendaraan Listrik Besar di Kanada

Abednego mengungkapkan hadirnya pabrik BYD di Subang Smartpolitan menjadi pencapaian monumental, terutama dalam penjualan lahan industri. Investasi besar BYD di Subang Smartpolitan diprediksi akan menjadi katalis pertumbuhan ekonomi yang signifikan di Indonesia.

Pabrik EV itu tidak hanya akan menciptakan ribuan lapangan kerja baru, tetapi juga meningkatkan transfer teknologi dan keahlian di bidang manufaktur EV. Hal tersebut akan mendorong pertumbuhan industri pendukung di sektor EV, bahkan membuka peluang baru bagi perusahaan lokal untuk terlibat dalam rantai pasokan global EV.

"Lebih dari itu, kami optimis hal ini akan menarik investasi lebih lanjut ke Indonesia, membuka gerbang bagi lebih banyak perusahaan global untuk mendirikan basis manufaktur mereka di sini," jelasnya.

Baca juga : Semester II 2023, BASF Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik di Maluku Utara

Abednego mengatakan, investor asing memiliki minat yang tinggi terhadap industri EV di Indonesia. Saat ini, Subang Smartpolitan sedang menangani banyak permintaan terkait dengan industri EV di Indonesia, di mana Sebagian besar berasal dari Tiongkok.

BYD berencana membangun ekosistem EV yang komprehensif di Subang Smartpolitan, termasuk pusat penelitian dan pengembangan serta fasilitas pelatihan yang dilengkapi dengan teknologi terkini yang hemat energi dan ramah lingkungan.

Serah terima lahan antara Subang Smartpolitan dan BYD akan dilakukan pada Agustus 2024. BYD berencana melakukan operasi konstruksi bertahap dan diharapkan mulai beroperasi pada Januari 2026. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat