visitaaponce.com

Antisipasi Dampak Gelombang Panas, Bapanas Terus Tingkatkan Cadangan Pangan

Antisipasi Dampak Gelombang Panas, Bapanas Terus Tingkatkan Cadangan Pangan
Ilustrasi pangan.(MI/SUSANTO)

INDONESIA diprediksi terhindar dari gelombang panas yang melanda sejumlah negara di dunia, termasuk di Asia Tenggara. Meski demikian, dampak dari fenomena alam itu tetap dirasakan, seperti akan mengalami potensi kekeringan, krisis air bersih, dan kebakaran hutan.

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengatakan bahwa pihaknya juga ikut mengantisipasi dampak gelombang panas. Bapanas terus meningkatkan cadangan pangan nasional agar tidak terjadi kelangkaan bila mengalami potensi kekeringan, krisis air bersih, dan kebakaran hutan.

"Badan Pangan Nasional tentunya akan siapkan cadangan pangan nasional. Kita tingkatkan terus," ujarnya kepada Media Indonesia, Kamis (2/5).

Baca juga : Fleksibilitas HET Beras Premium Diperpanjang hingga 30 Mei 2024

Bapanas bekerja sama dengan berbagai pihak termasuk Kementan, Bulog dan lembaga lainnya. Khusus untuk peningkatan produksi pangan, hal itu merupakan ranah Kementan dalam mendukung cadangan pangan nasional.

"Untuk produksi pangan itu dengan Kementan ya. Kalau cadangan pangan, contohnya beras di Bulog itu 1,4 juta ton," kata dia.

Dengan menyiapkan cadangan pangan yang cukup, dampak gelombang panas bisa diminimalisir. Sehingga sektor ekonomi nasional tidak ikut terpuruk. (Z-6) 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat