visitaaponce.com

Kompetensi Keterampilan Instruktur Nasional Berperan Penting Tingkatkan Kualitas SDM Tanah Air

Kompetensi Keterampilan Instruktur Nasional Berperan Penting Tingkatkan Kualitas SDM Tanah Air
Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Afriansyah Noor, di Padang Minggu, 5 Mei 2024.(Dok. Kemnaker)

UPAYA peningkatan kompetensi para pengajar atau instruktur di berbagai bidang menjadi hal yang harus terus ditingkatkan untuk membentuk sumber daya manusia (SDM) yang unggul. Salah satu cara untuk mencapai hal tersebut ialah melalui Kompetensi Keterampilan Instruktur Nasional (KKIN) yang digelar Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).

"KKIN adalah suatu kegiatan kompetisi yang dilakukan secara terstruktur dan sistematis, yang bertujuan sebagai ajang bagi para instruktur yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mengukur, meningkatkan, dan pemerataan peningkatan kompetensi yang terintegrasi," ucap Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Afriansyah Noor, di Padang Minggu (5/5).

Afriansyah mengatakan KKIN merupakan salah satu metode dalam peningkatan kompetensi SDM berdasarkan kemampuan teknis dan kompetensi metodologi instruktur dari seluruh Indonesia.

Baca juga : Kemnaker Terus Tingkatkan Kompetensi Ahli K3 untuk Tekan Kecelakaan Kerja

Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Afriansyah Noor, di Padang Minggu, 5 Mei 2024

Foto: Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Afriansyah Noor, di Padang Minggu, 5 Mei 2024. (Ketiga dari kiri)

KKIN ini dilaksanakan tidak hanya untuk instruktur dari lembaga pelatihan pemerintah, namun juga dari lembaga pelatihan swasta, perguruan tinggi, dan industri.

Baca juga : Menaker Apresiasi Hibah Lahan dari Pemda untuk Tingkatkan Daya Saing SDM Daerah 

Ia berharap dengan adanya event KKIN seperti ini bisa menambah semangat para instruktur atau tenaga pengajar semakin dapat meningkatkan kompetensi di bidangnya masing-masing. Pasalnya, instruktur merupakan aktor utama dalam pelatihan kerja yang berfungsi sebagai fasilitator dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan, perubahan sikap dan perilaku atau etos kerja dari tenaga kerja.

"Pembentukan SDM yang unggul untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang sejahtera dan maju hanya dapat dilakukan oleh generasi muda yang cerdas, berakhlak mulia, jujur, dan mampu berkompetisi," ucapnya.

Sementara itu, Kompetensi Keterampilan Instruktur Nasional (KKIN) IX Tahun 2024 Tingkat Regional Wilayah Barat I tahun ini digelar pada 5 hingga 9 Mei 2024.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat