visitaaponce.com

Cek Pasar di Karawang, Jokowi Harga Pangan Sudah Turun, Tinggal Antisipasi Musim Kemarau

Cek Pasar di Karawang, Jokowi: Harga Pangan Sudah Turun, Tinggal Antisipasi Musim Kemarau
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyapa warga saat berkunjung ke Pasar Baru Karawang, Jawa Barat.(Dok. Antara/Mubarak)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) meninjau Pasar Baru, Karawang, Jawa Barat, Rabu (8/5). Tinjauan tersebut untuk mengecek harga pangan pokok utamanya cabai, beras, bawang merah, bawang putih. Presiden menekankan, kondisi harga pangan tersebut telah berangsur turun. Namun, ia mengingatkan untuk mulai antisipasi dalam menghadapi musim kemarau.

"Semua kondisinya (harga) sudah turun," kata Jokowi.

Untuk harga bawang merah di angka Rp45 ribu per kilogram (kg). Harga bawang putih Rp38–40 ribu per kg. Untuk beras, pasokan lokal sudah mulai membanjiri.

Baca juga : Pedagang Benarkan Klaim Presiden Soal Harga Telur Turun

"Beras, banyak memang sudah membludak beras lokal dengan harga Rp12–13 per kg. Saya kira harganya baik. Artinya dari angka inflasi juga kan turun kan di bulan yang kemarin," kata Jokowi.

Untuk stok bahan pangan menjelang musim kemarau, di Bulog saat ini terdapat 1,6 juta ton beras, yang biasanya maksimal 1,2 juta ton, atau rata-rata hanya 900 ribu ton.

"Ini 1,6 juta ton stok (beras) di Bulog. Coba cek ke Bulog. Benar tidak 1,6 juta ton," kata Jokowi.

Baca juga : Panen Jagung bersama Mentan di Sumbawa, Jokowi Tekankan Keseimbangan Harga

Dia optimistis kecukupan ketersediaan beras. Namun tetap pemerintah untuk kemarau ini, telah mengantisipasi dengan membangun, membuat sumur-sumur pompa di titik-titik kemungkinan sudah dihitung akan kekurangan air, terutama di titik-titik yang berkaitan dengan pertanian, dengan beras.

"Sudah dimulai oleh Kementerian Pertanian dan Kementerian PUPR," kata Jokowi.

Daftar Harga Pangan Terkini

Mengutip data Panel Harga Pangan Nasional, di Provinsi Jawa Barat, berikut ini daftar harga pangan pada Rabu, 8 Mei 2024.

  • Harga beras premium berada di Rp14.780 per kg, memiliki disparitas -5,62% dengan harga rata-rata nasional di Rp15.660 per kg.
  • Harga beras medium berada di Rp12.790 per kg, memiliki disparitas -5,96% dengan harga rata-rata nasional di Rp13.600 per kg.
  • Harga cabai rawit merah berada di Rp37.940 per kg, memiliki disparitas -12,05% dengan harga rata-rata nasional di Rp43.140 per kg.
  • Harga bawang merah berada di Rp46.300 per kg, memiliki disparitas -5,95% dengan harga rata-rata nasional di Rp49.230 per kg.
  • Harga bawang putih bonggol berada di Rp41.300 per kg, memiliki disparitas -4,49% dengan harga rata-rata nasional di Rp43.240 per kg.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat