visitaaponce.com

ILO Tekankan Pentingnya Pengembangan SDM di Sektor Elektronik

ILO Tekankan Pentingnya Pengembangan SDM di Sektor Elektronik
Pekerja sedang merakit televisi di pabrik perakitan di Pulogadung Jakarta Timur.(MI/Adam Dwi)

Organisasi Perburuhan Internasional (International Labour Organization/ILO) meluncurkan temuan mengenai situasi ketenagakerjaan di sektor elektronik Indonesia. Lewat penelitian yang dilakukan bersama Lembaga Penelitian Ekonomi dan Masyarakat-Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI), ILO menekankan pentingnya peningkatan keterampilan sumer daya manusia (SDM) Indonesia di bidang elektronik.

“Berinvestasi pada keterampilan dan kemampuan kerja merupakan inti dari pasar kerja yang sehat. Investasi ini, pada gilirannya akan memperkuat produktivitas dan kualitas, seraya memastikan elemen-elemen mendasar dalam pekerjaan yang layak seperti akses terhadap perlindungan sosial dan kepastikan akan pengupahan yang adil,” ujar Direktur ILO untuk Indonesia dan Timor-Leste Simrin Singh dalam Dialog Nasional bertema Strategi untuk Mempromosikan dan Mengembangkan Tenaga Kerja Terampil dalam Rantai Pasokan yang Bertanggung Jawab di Sektor Elektronik di Jakarta, Kamis (16/5).

Simrin mengatakan ILO terus mendukung program pengembangan keterampilan tenaga kerja Indonesia. Indonesia menurutnya memiliki potensi besar dalam transisi industri dan transformasi digital.

Baca juga : Microsoft Siap Bangun Pusat Riset di Indonesia

"Kerja sama ILO dengan berbagai lembaga akan memastikan dan mempercepat pengembangan angkatan kerja yang mumpuni, terlatih dan terampil di sektor kunci ini," imbuhnya.

Dijelaskannya, studi tersebut membahas berbagai variasi tingkatan pengetahuan teknis dan non-teknis yang dibutuhkan baik untuk pekerjaan dengan keterampilan tinggi maupun rendah. Jika operator membutuhkan keterampilan teknis dasar, insinyur membutuhkan keahlian teknis yang lebih tinggi. Kedua kelompok itu harus meningkatkan literasi digital dan adaptabilitas mereka terhadap perubahan teknologi.

Dalam lingkungan bisnis yang berkembang cepat saat ini, mengembangkan angkatan kerja yang terampil dan terinformasi merupakan inti dari pertumbuhan yang berkelanjutan.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat