visitaaponce.com

Data Center Dorong Pembentukan Lanskap Bisnis dan Kemajuan Teknologi

Data Center Dorong Pembentukan Lanskap Bisnis dan Kemajuan Teknologi
Akses data andal dan cepat membantu perusahaan dalam meningkatkan efisiensi operasional serta berinovasi lebih cepat.(Dok BDDC )

DALAM beberapa tahun terakhir Indonesia turut berperan penting dalam ekonomi digital global yang membuat data center ikut berperan besar dalam transformasi tersebut.

Seiring bertambahnya ketergantungan bisnis dan konsumen pada teknologi digital, permintaan atas infrastruktur data yang kuat, dapat terukur, dan aman juga meningkat secara tajam. 

Lokasi geografis strategis Indonesia dan populasi yang terbiasa dengan teknologi membuatnya menjadi pusat ideal untuk data center yang ingin memanfaatkan potensi pasar digital Asia Tenggara.

Baca juga : Dukung Pertumbuhan Ekonomi Digital dengan Perluas Platform Jaringan Pusat Data di Indonesia

"Kita berada di pusat revolusi digital. Dengan berkembangnya ekonomi digital, kebutuhan infrastruktur data center di Jakarta dan Indonesia yang aman dan efisien jadi lebih penting daripada sebelumnya," ungkap Direktur Business & Commercial Bersama Digital Data Centers (BDDC) A Yudha Permana, di Jakarta, Senin (20/5).

Menurut dia, kehadiran data center yang canggih merupakan keuntungan bagi bisnis lokal berskala besar dan usaha kecil menengah (UKM) yang sudah berkembang.

Dengan menyediakan akses data andal dan cepat, fasilitas ini membantu perusahaan dalam meningkatkan efisiensi operasional serta berinovasi lebih cepat.

Baca juga : KoinWorks Jadi Mitra Perdana IDH.ID, Hadirkan Opsi Pembayaran Baru bagi Pengusaha Ritel

Meskipun investasi awal untuk infrastruktur data center biasanya lebih besar ketimbang solusi cloud, manfaat jangka panjangnya bisa dirasakan perusahaan yang membutuhkan kendali penuh atas data dan operasinya. Selain itu, integrasi layanan cloud yang difasilitasi oleh data center lokal memungkinkan untuk meningkatkan kemampuan analitik data.

"Perubahan ini tidak hanya membantu pengambilan keputusan lebih baik, tapi juga menyamakan kedudukan bagi pelaku pasar yang lebih kecil guna bersaing dengan perusahaan yang sudah mapan," tuturnya.

Ia mengungkapkan pasar data center tier III dan data center tier IV di Indonesia seperti BDDC secara strategis diposisikan untuk pertumbuhan substansial, dengan memanfaatkan kekuatan geografis dan ekonomi untuk memenuhi permintaan layanan digital yang berkembang baik secara lokal maupun regional.

Baca juga : Penetrasi Data Center masih Rendah, Bitera Tangkap Peluang

Sejumlah keunggulan BDDC dalam industri data center Indonesia antara lain ialah lokasi strategis. Beberapa data center berposisi di dalam kota Jakarta, ideal untuk konektivitas domestik dan internasional. Kemudian, pertumbuhan ekonomi digital. Ekspansi layanan digital cepat seperti e-commerce serta komputasi awan didorong oleh ekonomi digital Indonesia yang berkembang.

"Juga, perkembangan teknologi dan kemitraan. Inovasi serta kolaborasi dalam AI (artificial intelligence), big data, dan aplikasi internet of things (IoT) memperkuat infrastruktur teknologi Indonesia," ujarnya. Untuk itu, jelas dia, data center seperti BDDC memberikan serangkaian manfaat strategis yang dapat mengoptimalkan operasi bisnis.

"Yakni dari sisi skalabilitas, keamanan tingkat tinggi, koneksi yang lebih baik, efisiensi biaya, dan terakhir dari sisi dukungan teknis," pungkas Yudha.(H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat