visitaaponce.com

Dorong Literasi Keuangan Generasi Muda Melalui Permata Lounge

Dorong Literasi Keuangan Generasi Muda Melalui Permata Lounge
Pembukaan Permata Lounge di FEB UI, Depok, Jawa Barat.(MI/M Ilham Ramadhan)

Timpangnya tingkat literasi keuangan dan inklusi keuangan di Indonesia dapat menimbulkan permasalahan. Oleh karena itu, dorongan untuk mendongkrak pengetahuan dan pemahaman mengenai keuangan menjadi sangat penting. Upaya peningkatan literasi keuangan pun dilakukan Permata Bank. Perusahaan menghadirkan ruang temu (lounge) Permata di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia sebagai sarana praktik sekaligus pengerek literasi keuangan, utamanya pada generasi muda.

"Ini berangkat dari komitmen kami memberikan value kepada mitra strategis di Permata Bank untuk mendukung usaha pemerintah meningkatkan literasi keuangan, khususnya pada generasi muda," ujar Direktur Utama Permata Bank Meliza M Rusli saat meresmikan Permata Lounge di FEB UI, Depok, Jawa Barat, Rabu (22/5).

Permata Lounge diharapkan menjadi tempat berkumpul dan bertukar pikiran mahasiswa FEB UI mengenai pengetahuan keuangan. Hadirnya ruang temu itu juga sekaligus dapat menjadi wadah untuk menyebarkan edukasi di lingkungan kampus.

Baca juga : Kredit Pintar Beri Edukasi soal Pinjaman Online Untuk Mahasiswa di Bandung

Harapannya, kata Meliza, ada dampak yang dibawa keluar oleh mahasiswa dan dosen kepada masyarakat terkait pengetahuan keuangan. Permata turut berharap Lounge tersebut dapat menjadi pemantik peningkatan literasi keuangan yang secara nasional saat ini masih bertengger di angka 49,6% di 2022, tertinggal jauh dari tingkat inklusi keuangan di angka 85,1%.

Di kesempatan yang sama, Dekan FEB UI Teguh Dartanto mengungkapkan, Permata Lounge dapat menjadi sarana pembinaan talenta masa depan Indonesia, utamanya terkait dengan keuangan. Itu dinilai perlu agar mahasiswa bisa berperan penting di masyarakat, saat ini maupun di masa mendatang.

Dia turut mengapresiasi langkah Permata Bank yang mau ikut membina talenta masa depan sejak di titik awal, alih-alih hanya menunggu di hulu. "Outreach dengan lounge ini adalah bagaimana upaya nurturing the future talent. Industri itu memang jangan ambil yang sudah siap saja. Tapi lebih baik menyiapkan bersama," ujar Teguh.

Baca juga : Melalui CSR, BNI Sekuritas Tingkatkan Literasi dan Inklusi Pasar Modal

Kehadiran Permata Lounge juga dinilai sejalan dengan visi FEB UI, yakni, nurturing, inclusive, relevant and reputable leaders. Aspek relevansi juga dinilai menjadi hal yang berkaitan erat dengan Permata Lounge itu.

Selain itu, Teguh berharap tingkat literasi keuangan mahasiswa FEB UI dapat meningkat setelah berdirinya Permata Lounge. "Goal kami di FEB adalah literasi mahasiswa meningkat, dan yang penting adalah link and match antara industri dan universitas, sehingga tidak ada gap," kata dia.

"Kita juga ingin bahwa talent ini bukan hanya tanggung jawab universitas, tetapi industri juga ikut menyiapkan dari awal, bersama-sama. Ini last mile Permata, bukan hanya menunggu di belakang, tapi juga ikut dari awal dengan menyediakan lounge ini," pungkasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat