visitaaponce.com

Efisiensi Energi di Industri Pertambangan agar Emisi Rendah

Efisiensi Energi di Industri Pertambangan agar Emisi Rendah
(MI/HO)

BUMN Holding Industri Pertambangan Mind Id terus aktif mendorong efisiensi energi di sektor industri pertambangan melalui optimalisasi produksi dengan emisi karbon yang lebih rendah. Ini dilakukan dengan pengurangan emisi dari sektor energi dan Industrial Process and Product Uses (IPPU) termasuk menekan jejak karbon di sektor pertambangan.

"Ada tiga program utama yang menjadi pegangan dalam upaya optimalisasi produksi pertambangan dengan emisi lebih rendah, di antaranya meliputi pencegahan, pengurangan, dan mitigasi," ujar Sekretaris Perusahaan Mind Id Heri Yusuf dalam pernyataannya, Kamis (30/5). 

PT Bukit Asam Tbk, anggota grup, misalnya, beralih dari penggunaan bahan bakar fosil ke peralatan tambang bertenaga listrik. Langkah ini menghemat konsumsi bahan bakar minyak jenis diesel hingga 7 juta liter per tahun dan mereduksi emisi sebanyak 19.777 tCO2e.

Inalum juga melakukan optimalisasi energi dengan menghemat penggunaan LPG dan menggantinya dengan jenis gas yang lebih ramah lingkungan. Inovasi ini menjadi yang pertama dilakukan di Indonesia dalam sektor pengolahan logam sesuai dengan best practice dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) periode 2017-2020.

Di samping itu, Freeport Indonesia melakukan substitusi truk berbahan bakar diesel dengan kereta listrik tanpa awak. Inisiatif ini berhasil menurunkan emisi dalam kegiatan operasional perusahaan, dengan hasil yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan emisi pada 2018. (Z-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat