visitaaponce.com

Perdagangan Dollar dan Euro Terhenti Akibat Sanksi AS Terhadap Bursa Moskow

Perdagangan Dollar dan Euro Terhenti Akibat Sanksi AS Terhadap Bursa Moskow
Keputusan MA AS memberlakukan sanksi baru terhadap Rusia, mengakibatkan penangguhan perdagangan langsung dalam dollar dan euro di Bursa Efek(Freepik)

SANKSI baru AS terhadap Rusia telah menyebabkan penangguhan perdagangan langsung dalam dolar dan euro di bursa keuangan utama negara itu, Bursa Efek Moskow (Moscow Exchange).

Bursa yang dikenal sebagai MOEX, bersama dengan bank sentral Rusia segera mengeluarkan pernyataan, Rabu, yang merupakan hari libur di Rusia, dalam waktu satu jam setelah Washington mengumumkan sanksi baru yang bertujuan untuk memotong aliran uang dan barang untuk mendukung perang Moskow di Ukraina.

"Karena diberlakukannya tindakan pembatasan oleh Amerika Serikat terhadap Grup Bursa Efek Moskow, perdagangan dan penyelesaian instrumen yang dapat diberikan dalam dolar AS dan euro dihentikan," kata bank sentral.

Baca juga : Berharap Uang, AS Kadoi Ukrainia Sanksi Kepada Rusia

Langkah ini berarti bank, perusahaan, dan investor tidak lagi dapat melakukan perdagangan kedua mata uang tersebut melalui bursa sentral, yang menawarkan keuntungan seperti likuiditas dan pengawasan yang lebih baik.

Sebagai gantinya, mereka harus melakukan perdagangan over the counter (OTC), di mana kesepakatan dilakukan langsung antara dua pihak. Bank sentral mengatakan akan menggunakan data dari perdagangan tersebut untuk menetapkan kurs resmi.

Banyak warga Rusia menyimpan tabungan dalam dolar atau euro, mengingat krisis berkala dalam beberapa dekade terakhir ketika nilai rubel anjlok. Bank sentral meyakinkan masyarakat bahwa deposito ini aman.

Baca juga : Penangkapan Tiga Warga Rusia di New York Terkait Pengiriman Komponen Senjata

"Perusahaan dan individu dapat terus membeli dan menjual dolar AS dan euro melalui bank-bank Rusia. Semua dana dalam dolar AS dan euro di rekening dan deposito warga dan perusahaan tetap aman," demikian dikatakan.

Dengan Moskow mengejar hubungan perdagangan dan politik yang lebih dekat dengan Beijing, yuan Tiongkok menggantikan dolar sebagai mata uang yang paling banyak diperdagangkan di MOEX, menyumbang 53,6% dari semua perdagangan mata uang asing pada Mei.

Volume perdagangan dolar-ruble di MOEX biasanya sekitar 1 miliar rubel (US$11 juta) per hari, sementara perdagangan euro-ruble sekitar 300 juta rubel (US$3 juta) per hari. Untuk perdagangan yuan-ruble, volume harian sekarang secara teratur mencapai lebih dari 8 miliar rubel (US$90 juta).

Baca juga : Harga Minyak Naik Dipicu Pemotongan OPEC+ dan Pelemahan Dolar AS

Lonjakan nilai dolar

Pada malam sebelum hari libur nasional, rubel ditutup pada 89,10 terhadap dolar dan 95,62 terhadap euro. Mengikuti berita sanksi, beberapa bank langsung menaikkan nilai dolar mereka.

Norvik Bank mengatakan mereka menawarkan untuk membeli dolar hanya dengan 50 rubel tetapi menjual dengan harga 200 rubel, meskipun kemudian menyesuaikan kembali nilai menjadi 88,20/97,80. Tsifra Bank membeli dolar dengan harga 89 rubel dan menjualnya dengan harga 120.

Departemen Keuangan AS mengatakan mereka "menargetkan arsitektur sistem keuangan Rusia, yang telah diarahkan ulang untuk memfasilitasi investasi ke industri pertahanan dan akuisisi barang yang diperlukan untuk memperluas agresinya terhadap Ukraina."

Baca juga : Dolar Dekati Angka Terendah, Terburuk Sejak Maret 2023

Bank sentral Rusia telah bersiap untuk sanksi semacam ini selama sekitar dua tahun terakhir. Pada Juli 2022, bank tersebut mengatakan sedang memodelkan berbagai skenario sanksi dengan partisipan pasar valuta asing dan organisasi infrastruktur.

"Ini adalah berita buruk tetapi diharapkan," kata T-Investments, broker Rusia, di Telegram.

Menurut Forbes Rusia tahun 2022, bank sentral sedang mendiskusikan mekanisme untuk mengelola nilai tukar rubel-dolar jika perdagangan bursa dihentikan dalam kasus sanksi terhadap MOEX dan National Clearing Centre-nya, yang juga terkena sanksi baru.

MOEX mengatakan perdagangan saham dan perdagangan pasar uang yang diselesaikan dalam dolar dan euro juga akan dihentikan. Pasar uang meliputi instrumen utang jangka pendek berisiko rendah seperti obligasi pemerintah dan utang komersial. (CNN/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat