visitaaponce.com

Penangkapan Tiga Warga Rusia di New York Terkait Pengiriman Komponen Senjata

Penangkapan Tiga Warga Rusia di New York Terkait Pengiriman Komponen Senjata
Ilustrasi - Tiga warga Rusia ditangkap di New York karena melanggar sanksi Amerika Serikat.(Freepik)

TIGA warga Rusia ditangkap di New York pada hari Selasa karena diduga melanggar sanksi Amerika Serikat, dengan mengirimkan komponen elektronik yang digunakan dalam senjata oleh Moskow dalam konflik di Ukraina, demikian diumumkan oleh pihak berwenang.

Nikolay Golstev, 37, dan istrinya, Kristina Puzyreva, 32, keduanya adalah warga negara Rusia-Kanada, ditangkap bersama dengan mitra mereka yang diduga, Salimdzhon Nariddinov, 52, yang memiliki kewarganegaraan Rusia-Tajik.

Mereka semua dituduh melanggar sanksi dengan mengirimkan lebih dari 300 pengiriman barang terbatas senilai sekitar US$10 juta ke medan perang Rusia selama setahun, menurut Ivan Arvelo, agen khusus Departemen Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Putin Tuding Negara Barat dan Ukraina Berada di Balik Kerusuhan di Bandara Dagestan

Kantor jaksa federal Distrik Timur New York juga menyatakan sejumlah dana sekitar US$1,1 juta juga telah disita pada Selasa dari rekening bank dalam negeri.

Komponen yang terkait dengan dua perusahaan di Brooklyn yang dimiliki oleh kelompok ini juga ditemukan dalam platform senjata Rusia yang disita dan peralatan intelijen sinyal di Ukraina, termasuk sistem peluru kendali, pesawat tanpa awak, tank, dan helikopter, menurut Departemen Kehakiman dalam sebuah pernyataan yang mengumumkan tuntutan tersebut.

Baca juga: Konflik Geopolitik, Pasar Pantau Gerak Kebijakan Moneter AS dan Jepang

"Entitas ini secara ilegal memperoleh, membeli, dan mengirimkan jutaan dolar elektronik yang memiliki kegunaan ganda dari produsen AS kepada pengguna akhir yang dikenai sanksi di Rusia," kata pernyataan tersebut.

"Pihak terdakwa mengetahui bahwa elektronik yang diekspor memiliki potensi aplikasi militer," tambah pernyataan tersebut, yang menggambarkan rencana yang diduga sebagai "skema pengadaan global atas nama entitas yang dikenai sanksi oleh Rusia, termasuk perusahaan yang terkait dengan militer Rusia."

Ketiga terdakwa ditahan pada akhir persidangan mereka atas permintaan jaksa federal, tanpa segera memberikan pledoi. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat