visitaaponce.com

Jadi Miliarder Termuda, Jenner Pecahkan Rekor Zuckerberg

Jadi Miliarder Termuda, Jenner Pecahkan Rekor Zuckerberg
Kylie Jenner Miliuner Termuda Kalahkan Zuckerberg(AFP/VALERIE MACON)

SETELAH produk kecantikan lipstick dan lip liner dari Kylie Jenner dijual di jaringan toko fisik pada penghujung 2018, total pendapatan tahunan Kylie Cosmetics menanjak ke estimasi angka US$360 juta. Berdasarkan angka itu serta hitung-hitungan bisnis, Forbes memperkirakan total kekayaan Jenner mencapai US$1 miliar atau lebih dari Rp14 triliun.

Jenner adalah selebritas Amerika Serikat yang telah berusia 21 tahun sejak Agustus 2018. Dengan estimasi kekayaan itu dan usia Jenner ketika bisnis kecantikannya melaju pesat, Forbes mendaulat Jenner sebagai miliarder pengusaha termuda di dunia.

Putri Bruce (Caitlyn) Jenner dan Kris Mary itu mencapai rekor kekayaan 10 digit dolar dalam usia yang lebih muda ketimbang Mark Zuckerberg, pendiri dan bos Facebook. Ketika menembus angka tersebut, Zuckerberg berusia 23 tahun.

"Dulu aku tidak mengharapkan apapun. Aku tidak meramalkan masa depan. Namun (pengakuan ini) terasa menyenangkan. Ini adalah tepukan manis di punggung," kata Jenner menanggapi predikat ini sebagai ucapan selamat.

Baca juga: Brie Larson Alergi Kucing

Kylie Cosmetics adalah merek produk kecantikan yang dibuat Jenner pada 2015, lewat kerja sama dengan perusahaan Seed Company yang memberikan suplai produk dan pengemasan. Menurut catatan Forbes, bisnis kecilnya dikelola tujuh pegawai penuh waktu dan lima pegawai paruh waktu.

Penjualan dilakukan secara daring lewat Shopify, urusan keuangan dan public relation ditangani Kris Jenner, ibunya, dan komunikasi pemasaran dilakukan lewat media sosial.

Kini, Jenner punya 128 juta pengikut di Instagram. Dia juga aktif di media sosial lain seperti Snapchat, Facebook, serta Twitter.

Selama tiga tahun pertama, produk lipstik dan lip liner milik Jenner hanya dijual secara daring, yang segera ludes dalam beberapa menit setelah penjualan stok baru dibuka.

Sejak November 2018, Jenner menjalin kerja sama dengan jaringan toko fisik Ulta yang punya lebih dari 1.000 toko. Dalam hitungan jam, produk seharga US$29 itu ludes terjual.

Jenner menyebut kesuksesan ini berangkat kekuatan media sosial.

"Aku punya jangkauan kuat sebelum aku mampu memulai apapun," katanya.

Jaringan toko fisik juga berkontribusi besar. Menurut Jenner, toko fisik memberi kesempatan kepada orang-orang yang tidak akan membeli produk secara daring karena harus melihat, menyentuh, dan merasakan lebih dulu sebelum membeli. Toko fisik juga mampu menjangkau pembeli muda yang tidak punya kartu kredit.

Forbes juga mencatat tujuh miliarder lain di bawah usia 30 tahun ini. Selain Jenner, miliarder berdasarkan hasil bisnis sendiri adalah John Collison dan Evan Spiegel. Lima miliarder lain adalah Alexandra Andressen, Katharina Andressen, Gustav Magnar Witzoe, Ludwig Theodor Braun, dan Anna Kasprzak. (Medcom/OL-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat