visitaaponce.com

Gaet Milenial, Penyanyi Keroncong Indra Utami Tamsir Rilis Album Kelima

Gaet Milenial, Penyanyi Keroncong Indra Utami Tamsir Rilis Album Kelima
Indra Utami Tamsir.(DOK Pribadi.)

TIDAK banyak penyanyi dan penggemar genre musik keroncong langgam Jawa. Namun, Indra Utami Tamsir atau biasa dipanggil IUT berjuang menjaga musik keroncong langgam Jawa agar tidak punah. IUT ingin musik tersebut terus bertahan di industri musik nasional dan dapat diterima semua lapisan masyarakat, terutama generasi muda.

Untuk itu, penerima penghargaan Penyanyi Keroncong Terbaik AMI Award 2013 itu meluncurkan album teranyar atau kelima bertajuk Sutra Dewangga. Dari sembilan lagu di album Sutra Dewangga, tujuh di antaranya liriknya ditulis sendiri oleh IUT. Keseluruhan musiknya diaransemen oleh Budi L Tandang. 

Asal tahu saja, kolaborasi IUT dan Budi dalam menelurkan album Nggayuh Katresnan sukses meraih AMI Award. Sebelumnya, ia merilis empat album yakni Pengantin Agung (2012), Nggayuh Katresnan (2013), Wanita (2016), dan Mustika Indonesia (2018).

"Mulanya saya hanya ingin memproduksi dua lagu. Akan tetapi chemistry dari kolaborasi ini menghadirkan lagi tujuh lagu baru sehingga ada total sembilan lagu baru dalam album ini," ungkap penyanyi yang disebut sebagai The Next Waldjinah itu dalam keterangan resmi, Minggu (8/8). 

IUT mengaku terinspirasi dari keberhasilan lagu-lagu berbahasa daerah dalam merebut hati kaum milenial. Dia juga ingin lagu keroncong yang merupakan budaya bangsa Indonesia diterima oleh semua lapisan masyarakat terutama generasi muda. Karena itu dia dan tim manajemen merilis albumnya tak hanya dalam bentuk fisik, melainkan juga dalam versi digital.

Baca juga: Forbes Ungkap Asal Usul Kekayaan Rihanna Senilai US$1,7 Miliar

Pada album Sutra Dewangga, lagu-lagu yang dapat dinikmati para penggemar yaitu Kayungyung, Kembang Impen, Cincin Emas, Embun Khayangan, Ngeronce Asmoro, Nglelayun Esemmu, Lintang Sore, Tembang Tresno, dan Pengen Nyanding. Lagu-lagu ini menghadirkan nuansa yang baru karena bertempo lebih cepat dan lebih ceria serta bercerita tentang perasaan bahagia saat jatuh cinta. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat