visitaaponce.com

GAC Perkenalkan Budaya Indonesia di Pembukaan Kejuaraan Dunia Bola Basket

GAC Perkenalkan Budaya Indonesia di Pembukaan Kejuaraan Dunia Bola Basket
Penampilan GAC di upacara pembukaan Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis(MI/HO)

BULAN ini, Indonesia dipercaya untuk menjadi salah satu tuan rumah bagi ajang perhelatan bola basket tertinggi di dunia. Kejuaraan Dunia Bola Basket 2023 telah dibuka pada Jumat (25/8) lalu dengan sebuah upacara pembukaan di tiga negara tuan rumah, yakni Jepang, Filipina, dan juga Indonesia.

Upacara pembukaan di Indonesia digelar meriah dengan menghadirkan elemen-elemen tradisional dalam pagelarannya. Trio GAC (Gamaliel, Audrey, dan Cantika) menjadi salah satu elemen dalam gelaran seni yang dilaksanakan di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.

Dalam upacara ini, GAC tampil menjadi salah satu bintang tamu dengan membawakan karya-karya yang lahir dari daerah-daerah di Nusantara. 

Baca juga: Maseta Rilis Single Agustus Lagi

GAC tampil bersama dengan 60 penari dengan trio musisi ini mengiringi penampilan yang merepresentasikan Indonesia di depan penonton mancanegara yang hadir.

Penampilan dibuka dengan tarian dari Aceh, yakni tarian Ratoh Jaroe, yang kemudian dilanjutkan dengan tarian khas Jawa Timur. 

GAC pun mulai tampil mengiringi tarian tersebut dengan menyanyikan lagu Rek Ayo Rek. Menariknya, lagu tersebut disambungkan dalam format medley dengan lagu tradisional lainnya bertajuk Sinanggar Tulo.

Baca juga: White Chorus Rilis Album Ekstensi Limbo+

Pembukaan Kejuaraan Dunia Bola Basket 2023 semakin meriah ketika para penari merespon lagu Sinanggar Tulo dengan Tari Tor Tor. Para pengunjung pun terlihat antusias menikmati gerakan para penari yang indah. Bahkan beberapa di antara mereka sempat mengikuti gerakan Tari Tor Tor yang cukup ikonik.

Penampilan tersebut akhirnya ditutup dengan lagu tradisional DKI Jakarta yang berjudul Jali-Jali. Penampilan lagu Jali-Jali terasa spesial karena GAC menyanyikan lagu tersebut sembari ditemani oleh para penari dan ondel-ondel yang ikut masuk ke dalam lapangan. 

Kehadiran semua elemen tersebut semakin menunjukkan bagaimana tingginya kualitas seni dan budaya Indonesia di depan mata para pengunjung yang hadir.

Pertunjukan yang disajikan GAC dan para penari pada malam itu menjadi salah satu bumbu yang sempurna untuk menunjukkan identitas budaya Indonesia kepada pengunjung mancanegara. Upacara pembukaan Kejuaraan Dunia Bola Basket 2023 pun ditutup dengan berbagai penampilan meriah lainnya dan akan tercatat ke dalam sejarah. (RO?Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat