visitaaponce.com

Ini Rahasia Bugar di Usia Senja dari Titiek Puspa

Ini Rahasia Bugar di Usia Senja dari Titiek Puspa
Penyanyi Titiek Puspa(MI/Joan Imanuella Hanna Pangemanan)

PENYANYI senior Tanah Air, Titiek Puspa, mengungkapkan rahasia kebugaran tubuhnya yang masih tetap prima di usia senjanya yang telah mencapai 86 tahun. Melalui pengalaman pribadinya, pola makan sehat dan kebiasaan home cooking menjadi kunci kebugaran Titiek Puspa.

Titiek Puspa mengungkapkan, sejak usia 40 tahunan, ia telah mengambil langkah konkret dengan mengurangi konsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula. 

"Menjaga makanan. Saya sejak usia antara 40 (tahun), 30 ke 40 sudah mengurangi gula," ujar Titiek Puspa menyoroti pentingnya kesadaran akan pola makan sehat sebagai investasi untuk kesehatan jangka panjang.

Baca juga: Titiek Puspa Mengaku Tak Ingin Lagi Buat Lagu

Tidak hanya itu, penyanyi kelahiran Tanjung, Tabalong, Kalimantan Selatan itu juga secara konsisten mengurangi asupan garam dan boga bahari yang dapat berdampak negatif pada kesehatan. 

"Mengurangi garam, makanan fat (berlemak). Terus makanan yang menakutkan dari laut, seafood, yang keras. Itu saya lakukan kurang lebih saat usia saya 40. Kadang (saya hanya pakai) gula separuh kadang enggak sampai separuh," tambahnya.

Titiek Puspa menunjukkan komitmennya yang tinggi terhadap kesehatan dengan memantau secara ketat asupan gula dalam pola makannya. 

Baca juga: Dua Album Titiek Puspa Hadir di Platform Streaming

Keputusannya untuk mengontrol konsumsi gula ini bahkan mencapai puncaknya saat ia mendapatkan protes dari anaknya. Protes tersebut muncul karena makanan yang disajikan Titiek Puspa dianggap kurang memiliki rasa.

Kejadian ini mencerminkan keseriusan dan konsistensi Titiek Puspa dalam menjalani gaya hidup sehat. Pengontrolan ketat terhadap gula tidak hanya sekadar pilihan, tetapi menjadi bagian integral dari pola makan sehari-harinya. 

Meskipun mendapat sorotan dari anaknya terkait rasa makanannya, Titiek Puspa tetap teguh pada prinsip kesehatan yang diyakininya.

Dalam menjalani perubahan pola makan ini, Titiek Puspa tidak hanya memandangnya sebagai suatu kewajiban, tetapi sebagai investasi jangka panjang untuk kesejahteraan tubuhnya. 

Kesadaran ini tidak hanya mencakup pengurangan gula, tetapi juga mencakup perhatian terhadap aspek kesehatan lainnya, seperti mengurangi garam dan memilih bahan makanan dengan cermat.

Kebiasaan positif lain yang diungkapkan Titiek Puspa adalah lebih sering mengonsumsi masakan yang dibuat sendiri di rumah. Ia jarang makan di restoran karena pernah mengalami reaksi tubuh yang tidak nyaman. 

"Jadi saya itu sekarang home cooking jadi saya kalau di restoran yang enak kalau sudah kena bumbu masakan sudah (langsung pusing). Jadi sudah kampungan aja, kampungan aja," paparnya kepada wartawan, Kamis (23/11), di Kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan.

Titiek Puspa juga membagikan perjalanan transformasi kesehatannya, dari masa-masa sering sakit hingga menjadi sosok yang jarang mengalami masalah kesehatan dan merasa lebih energik. 

Kesaksiannya ini menjadi inspirasi bagi banyak orang, terutama mereka yang memasuki usia senja, untuk memperhatikan pola makan dan gaya hidup sehat guna menjaga kesehatan dengan baik. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat