visitaaponce.com

Film Tegar tentang Kehidupan Difabel Raih Apresiasi Rusia

Film Tegar tentang Kehidupan Difabel Raih Apresiasi Rusia
Film Tegar, karya sinematik yang mengangkat kisah kehidupan para difabel, meraih penghargaan internasional di Festival Film Rusia.(MI/HO)

FILM Tegar, karya sinematik yang mengangkat kisah kehidupan para difabel, kembali meraih penghargaan internasional di Festival Film Rusia. Dibintangi oleh aktor cilik pendatang baru penyandang disabilitas, M. Aldifi Tegarajasa, serta Deddy Mizwar dan Sha Ine Febriyanti, film ini diproduksi oleh Aksa Bumi Langit dan Citra Sinema. Penghargaan ini menambah daftar prestasi Tegar yang sebelumnya memperoleh pengakuan di berbagai negara seperti Uzbekistan, Iran, Amerika, Austria, dan Jepang.

Tegar disutradarai oleh Anggi Frisca dengan naskah yang ditulis oleh Anggi bersama Alim Sudio. Lebih dari sekadar tontonan kehidupan para difabel, film ini turut melibatkan teman-teman difabel secara langsung dalam proses produksinya. 

Tegar digarap dengan prinsip SDG, yakni Leave no one behind, yang bermakna berjalan bersama teman-teman disabilitas tanpa meninggalkan mereka di tengah kondisi yang dimiliki. Film yang rilis pada Oktober 2022 ini oleh LSF diklasifikasikan untuk penonton Semua Umur.

Baca juga : Persidangan Dimulai untuk Penanggung Jawab Senjata di "Rust" terkait Pembunuhan Fatal

Penghargaan yang diraih di Rusia menegaskan kualitas dan keunikan dari film Tegar yang berhasil menarik perhatian juri internasional dan mendapat pengakuan sebagai salah satu film terbaik pada the XXII International Film Debut Festival Spirit of Fire di Khanty-Mansiysk. Secara tradisional festival itu mempresentasikan film-film terbaik oleh sutradara dari Rusia dan negara-negara lain di seluruh dunia dengan tema The Special Language of National Cinematography.

Dalam kesempatan penerimaan penghargaan di Rusia, Presiden festival, Emir Kusturica, berbicara kepada Izvestia tentang visinya terhadap sinematografi dan pendekatan kreatifnya. "Saya pikir kita sekarang punya kesempatan untuk mengangkat isu-isu sosial serta orang-orang dengan perasaan dan kemalangannya harus menjadi pahlawan. Pahlawan yang tidak terlihat di film Hollywood. Saya yakin sebagian besar film di Rusia dan Serbia ialah tiruan Hollywood. Jika Anda ingin film sukses, buatlah film tentang orang-orang sukses. Planet serta kehidupan di dalamnya bukan hanya untuk mereka. Seseorang memiliki banyak aspek kekayaan humanistik. Di bioskop negara-negara BRICS, film tentang kesuksesan ialah salah satu dari sekian banyak film. Kita perlu membuat film tentang masyarakat hidup dalam arti sosial," paparnya.

Sebelumnya, Tegar memperoleh sejumlah penghargaan prestisius di berbagai negara. Sejumlah penghargaan itu diraih dari International Film Festival for Children & Youth 2023 di Iran, Kineko Film Festival di Jepang, International Children Care Film Festival di Prancis, dan Official Selection BulBul Children's International Film Festival-Goa di India. (RO/Z-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat