visitaaponce.com

Pengadilan New York Batalkan Vonis Harvey Weinstein dalam Kasus Pelecehan Seksual

Pengadilan New York Batalkan Vonis Harvey Weinstein dalam Kasus Pelecehan Seksual
Produser Hollywood Harvey Weinstein(AFP/ETIENNE LAURENT)

PENGADILAN tertinggi New York, Kamis (25/4), membatalkan vonis terhadap mantan produser Hollywood Harvey Weinstein atas dakwaan pelecehan seksual pada 2020.

Dalam voting yang berakhir 4-3, Pengadilan Banding New York memutuskan bahwa hakim pengadilan melakukan kesalahan karena mengizinkan kesaksian sejumlah perempuan yang mengaku dilecehkan oleh Weinstein tapi tidak ada dalam daftar dakwaan terhadap dirinya. Pengadilan pun memerintahkan agar persidangan diulang.

Keputusan pengadilan New York itu tidak mempengaruhi vonis 16 tahun yang diterima Weinstein atas kasus pemerkosaan di California.

Baca juga : Pengadilan Argentina Membebaskan Biarawati dalam Kasus Pelecehan Seks Anak-Anak Tuli

"Tertuduh memiliki hak untuk didakwa dalam kasus yang bersangkutan. Karenanya, perilaku buruknya dalam insiden terpisah tidak bisa dimasukkan dalam dakwaan hanya dengan tujuan menjatuhkan hukuman kepadanya," ujar Hakim Jenny Rivera tekait vonis kepada Weinstein.

Berbagai tuduhan pelecehan seksual mulai dialamatkan kepada Weinsten pada 2017, yang membuat lahirnya gerakan #MeToo yang membuka jalan bagi perempuan untuk melawan pelecehan seksual di tempat kerja.

Produser berusia 72 tahun itu divonis bersalah di pengadilan New York pada 2020 atas pemerkosaan terhadap mantan artis Jessica Mann pada 2013 dan memaksa mantan asisten produser Mimi Haleyi melakukan oral seks pada 2006. Dia diganjar vonis penjara selama 23 tahun.

Baca juga : Sidang Pelecehan Seksual oleh Mendy Mulai Digelar

Harvey Weinstein dan saudaranya Bob mendirikan Miramax Films, perusahaan distribusi yang dinamai dari nama kedua orangtuanya, Miriam dan Max, pada 1979. Miramax Films telah dijual kepada Disney pada 1993.

Film produksi Miramax, salah satunya adalah Shakespeare in Love yang membuat Weinstein diganjar Piala Oscar untuk Film Terbaik.

Hingga kini, film produksi Weinstein telah mendapatkan 300 nominasi Piala Oscar dan menenangkan 81 buah. (AFP/Z-1)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat