visitaaponce.com

Ivan Gunawan Resmikan Masjid dan Sumur Resapan di Uganda

Ivan Gunawan Resmikan Masjid dan Sumur Resapan di Uganda
Ivan Gunawan di depan Masjid Indonesia by Ivan Gunawan di Uganda, Afrika(Instagram @ivan_gunawan)

DESAINER dan presenter Ivan Gunawan, baru-baru ini, mengunjungi Uganda, Afrika Timur untuk meresmikan masjid miliknya yang telah dibangun sejak dua tahun lalu. Pembangunan masjid yang diberi nama Masjid Indonesia by Ivan Gunawan itu sudah dimulai sekitar April 2022 dengan tampilan minimalis berbalut warna putih.

Melalui unggahan video di laman Instagram pribadinya, desainer berusia 42 tahun itu memperlihatkan momen ketika dirinya meresmikan masjid, membagikan Al-Qur'an, jilbab, dan THR kepada pengurus masjid serta memotong tiga ekor sapi.

“Terima kasih Ya Allah atas nikmat yang tak berkesudahan untuk saya dan keluarga sampai saya di Uganda. Kami bersenang-senang di lingkungan masjid dan potong sapi lalu kita masak. Indahnya hari ini menjadikan hari yang akan selalu aku kenang dalam hidup,” tulis Ivan, Jumat (26/4).

Baca juga : Ini Lho Jenama Lokal yang Bakal Tampil di New York Fashion Week The Shows

Selama kunjungannya, pria yang kerap disapa Igun itu juga menunjukkan kedekatannya dengan anak-anak di sana. 

Selain itu, Igun juga membuat sumur resapan air di dekat masjid untuk memastikan adanya ketersediaan akses air bersih yang efisien bagi masyarakat lokal.

“Mengubah kehidupan dengan sumur air ini di Uganda, memastikan akses air yang efisien bagi mereka yang membutuhkan dan masyarakat lokal. Kupersembahkan untuk ibuku tercinta, Erna Gunawan, yang kasih dan kekuatannya menginspirasi kita semua,” ungkapnya.

Baca juga : INH Gandeng Youtuber Ajak Bangun Masjid di Uganda

Terlihat anak-anak secara bergantian mengantri untuk mendapatkan air bersih dari pompa air manual tersebut. Ivan Gunawan mengungkapkan alasannya tidak menggunakan pompa air listrik yang penggunaannya lebih mudah, karena akses listrik di sana belum merata.

Lebih lanjut, Igun mengatakan masjid miliknya itu sudah digunakan oleh warga sekitar untuk beribadah sejak berdiri. Masjid tersebut juga sudah kali kedua digunakan di bulan Ramadan, akan tetapi belum diresmikan oleh ia sebagai pemiliknya.

“Masjidnya sudah jadi, kemarin sudah dipakai tarawih, salat idul fitri, tetapi belum diresmikan. Semoga kehadiran masjid ini bisa membantu masyarakat yang tinggal jauh dari pusat kota untuk beribadah,” ungkapnya.

Baca juga : JDC Design Week Usung Desain Masa Depan Berkelanjutan

Igun, yang mengenakan gamis putih lengkap dengan sorban di lehernya, menyampaikan rasa syukurnya setelah berhasil membangun masjid di pedalaman Uganda. Dalam Video singkat itu juga terekam raut bahagia warga Uganda, khususnya anak-anak ketika menyambut kedatangan Igun.

“Alhamdulillah. Bersyukur akhirnya bisa mengunjungi 'Masjid Indonesia'. Masjid saya sendiri di Uganda. Sebuah pengalaman yang benar-benar diberkati bisa berhubungan dengan masyarakat dan mereka yang peduli terhadap tempat suci ini,” katanya.

Meski harus menempuh perjalanan jauh dari Indonesia ke Uganda, baginya momen itu menjadi suatu yang menggembirakan. Igun mengaku tujuannya membangun masjid di Uganda dalam rangka membantu saudara muslim di seluruh dunia. Igun pun mengucap rasa syukur atas peresmian masjid tersebut dan berharap akan ada pembangunan masjid-masjid lain di Uganda.

“Terima kasih kepada Allah, sudah memberiku kesempatan bisa membangun masjid di Uganda. Aku berharap masjid ini tidak hanya menjadi yang pertama dan terakhir kali melainkan insyaallah bisa membangun masjid lainnya di sini,” pungkasnya. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat