visitaaponce.com

Samsara Gabungkan Unsur Film, Teater dan Seni Tradisi

Samsara Gabungkan Unsur Film, Teater dan Seni Tradisi
Film tanpa dialog Samsara garapan sutradara Garin Nugroho(Dok.Ist)

FILM tanpa dialog Samsara garapan sutradara Garin Nugroho produksi Cineria Films telah melakukan penayangan perdana mereka pada awal Mei di Esplanade Singapura dengan konsep cine-concert. Konsep yang menghadirkan pertunjukan musik secara langsung sebagai live scoring filmnya.

Nantinya, film Samsara versi cine-concert juga dapat dinikmati di Indonesia pada tahun ini. Produser Samsara, Gita Fara mengatakan konsep tersebut akan dibawa dalam helatan Indonesia Bertutur (Intur) yang akan berlangsung pada Agustus di Bali. Cine-concert Samsara juga akan digelar pada akhir 2024 di Jakarta dan Yogyakarta. Nantinya, film juga akan hadir dalam format penayangan bioskop.

Sutradara Garin Nugroho menuturkan, Samsara merupakan penggabungan antara unsur wayang kulit dan film tanpa dialog (silent film). Di film ini, Garin juga menambahkan bumbu realisme magis yang berlatar Bali pada era 1920-an.

Baca juga : Penonton Puas dengan Komedi di Film Love You To Debt

“Samsara menggabungkan unsur film, teater atau panggung, dan seni tradisi yang hidup di masyarakat serta film tanpa dialog. Sehingga, para pemeran yang bergabung di film ini juga harus memiliki unsur-unsur tersebut,” kata Garin saat konferensi pers seusai pemutaran terbatas film Samsara untuk media di bioskop Flix Cinema, mal Ashta, Jakarta, (31/5/2024).

Film Samsara setidaknya melibatkan 50-an pemeran dan penari. Film turut dibintangi Ario Bayu, Juliet Widyasari Burnett, I Putu Bagus Bang Sada Graha Saputra, dan Aryani Willems.

“Film Samsara adalah bentuk penjelajahan. Kami ingin memberikan keragaman ke sinema Indonesia. Supaya selain yang film-film mainstream juga tetap ada ruang eksplorasi yang baru. Harapannya, kami juga bisa membawa ke audiens mainstream,” tambah produser Gita Fara. (Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat