visitaaponce.com

Ada Kelainan Sel Otak pada Penderita Bipolar

Ada Kelainan Sel Otak pada Penderita Bipolar
Naik turunnya penyakit bipolar: jenis, penyebab, diagnosis dan pengobatan penyakit bipolar: jenis, penyebab, diagnosis dan pengobatan.(AFP)

MAKIN banyak orang yang mengakui dirinya mengidap bipolar. Bintang reality show Kim Kardashian, 39, misalnya, mengungkapkan gangguan bipolar yang dialami suaminya, Kanye West. Sebelumnya, aktris Marshanda juga masih menjalani pengobatan bipolar di dalam dirinya.

Dokter spesialis kejiwaan dr Untung Sentosa MKes, SpKJ, FIAS menyampaikan bahwa bipolar adalah gangguan emosi karena masa kecil yang bermasalah dalam jangka waktu lama dan itu menimbulkan gangguan pada sistem otak. “Sehingga pengobatannya itu harus menggunakan obat,” ujar dokter Untung seperti dikutip dari laman Unpad, kemarin.

Baca juga: Makanan Terbaik untuk Meningkatkan Kemampuan Otak

Bipolar terjadi karena adanya gangguan pada kimia otak. Gangguan itu membuat kelenjar di otak tidak bisa mengendalikan pengeluaran zat dopamin dengan baik. Obat berperan menstabilkan emosi.

Untung menyebutkan, tiga faktor utama yang dapat memicu bipolar ialah genetik, pola asuh, dan lingkungan atau biopsychosocial. Jadi, gangguan ini juga bukan sekadar permasalahan psikologis. “Kelainan pada sel otak menyebabkan bipolar tidak dapat disembuhkan oleh nasihat atau terapi saja,” tegasnya.

Baca juga: Orang Bipolar Berhak Punya Anak

Pada pengidap bipolar, kata Untung, emosinya akan berayun. Ada fase dia merasa seperti orang normal, tapi ada juga fase manik. Pada bipolar tipe I, penderita akan memiliki manik atau rasa senang yang tidak terkendali sangat tinggi, tetapi depresinya sama.

Untuk penderita bipolar tipe II, lanjut Untung, maniknya tidak terlalu tinggi, tetapi hipoman. Pada tipe III, maniknya tidak ada, tidak ada hipoman juga, tetapi dapat tiba-tiba merasa down yang juga dapat mengarah pada bunuh diri. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Riky Wismiron

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat