visitaaponce.com

Tingkat Keganasan Covid-19 Varian Inggris Belum Terukur

Tingkat Keganasan Covid-19 Varian Inggris Belum Terukur
Petugas melakukan tes covid-19 pada pengendara di pelabuah Dover, Timur Laut Inggris, Kamis (24/12).(AFP/JUSTIN TALLIS)

Covid-19 varian Inggris menjadi perbincangan lantaran terdeteksi di beberapa negara. Namun, belum diketahui tingkat keganasan dari mutasi baru virus korona tersebut.
 
"Saya menggunakan kata belum di sini, bukan kata tidak (diketahui)," kata Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro, dalam siaran Youtube Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kamis, (24/12).

Baca juga: 3 Kelompok Orang yang Tidak Bisa Divaksin Covid-19

Bambang menyebut sifat varian baru yang berhasil diidentifikasi baru sebatas tingkat penularan yang lebih cepat. Hal itu dia pastikan ketika melihat data peningkatan kasus harian di Inggris, negara yang melaporkan mutasi baru covid-19 itu.

"Dari pemeriksaan sampel di Inggris, 50 persennya mengandung varian ini. Jadi sangat masif di Inggris. Jadi yang dapat kita lihat di Inggris, penularannya lebih cepat," ungkap Bambang.
  
Meski seberapa jauh bahaya covid-19 varian Inggris belum diketahui, Bambang meminta masyarakat tetap berhati-hati. Terutama, mereka yang memiliki penyakit penyerta atau komorbid.
 
"Tapi, kalau kita bicara penyebaran, berarti kita bicara kepada yang komorbid, orang tua yang berpotensi. kita tetap intinya harus berhati-hati," ungkap Bambang.
 
Covid-19 varian Inggris sendiri mulanya ditemukan sekitar akhir September 2020. Inggris bagian tenggara menjadi wilayah pertama dengan kasus varian ini.
 
Per 13 Desember 2020, sudah ada 1.100 kasus varian Inggris yang terdeteksi di Inggris. Kecepatan Inggris menemukan varian baru ini karena Inggris dikenal sebagai negara yang mempunyai monitoring dan survalance genomic molekuler terbaik di dunia. (H-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : HUMANIORA

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat