visitaaponce.com

Kecombrang Hambat Replikasi SARS-CoV-2

Kecombrang Hambat Replikasi SARS-CoV-2
(Bunga kecombrang biasanya digunakan untuk bahan masakan, seperti semur sayuran atau rempah-rempah. (Ilustrasi/Steemit))

LEMBAGA Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University bekerja sama dengan Asosiasi Profesor Indonesia (API) menyebutkan konsumsi sayur dan rempah-rempah lokal, seperti kecombrang dan daun jambu mete dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan menghambat replikasi virus SARS-CoV-2 penyebab covid-19.

Dr Nancy Dewi Yuliana, dosen IPB University dari Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian, mengatakan kedua jenis tanaman itu memiliki potensi sebagai immuno stimulant. Berdasarkan indeks stimulasinya, kedua tanaman itu mampu membantu meningkatkan aktivitas proliferasi sel limfosit.

“Analisis metabolomik berbasis GC-MS juga dilakukan untuk melihat aktivitas senyawa dalam rempah yang dapat membantu menghambat replikasi virus SARS-CoV-2. Hasilnya, ditemukan bahwa hampir semua senyawa dalam kecombrang dan daun jambu mete dapat menghambat replikasi virus tersebut,” tegasnya.

Untuk diketahui, tanaman jenis ini banyak ditemukan di berbagai wilayah di Tanah Air. (Wan/H-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Triwinarno

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat