visitaaponce.com

Masih Ada 69 KabupatenKota yang masih Doyan Berkerumun

Masih Ada 69 Kabupaten/Kota yang masih Doyan Berkerumun
Warga menerima Bantuan Presiden Usaha Mikro di kantor BRI dan Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UMKM di Tasikmalaya, beberapa waktu lalu.(MI/Kristiadi.)

SELAIN tentang memakai masker, Satgas Covid-19 juga mengukur tingkat kepatuhan warga dalam menjaga jarak dan menghindari kerumunan selama sepekan. Masih ada 69 kabupaten/kota yang dinilai masih doyan berkerumun. Tingkat kepatuhan mereka kurang dari 60%.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam keterangannya, Sabtu (20/3), menjabarkan lebih jauh bahwa 86 kabupaten/kota memiliki kepatuhan dalam menghindari kerumunan sebanyak 61-79%. Kemudian 167 kabupaten/kota memiliki tingkat kepatuhan menjaga jarak dan menghindari kerumunan 76-90%.

Sebanyak 101 kabupaten/kota memiliki kepatuhan paling tinggi, yakni 91 hingga 100%. Prof Wiku berharap masyarakat terus meningkatkan kesadaran akan menerapkan protokol kesehatan.

"Saya meminta daerah yang sudah patuh dapat terus mempertahankan kepatuhannya. Bagi daerah lain yang tingkat kepatuhannya masih rendah, harus kembali ditingkatkan," terangnya.

Sebelumnya, perkembangan peta zonasi protokol kesehatan dalam satu pekan terakhir masih menunjukkan mayoritas daerah dari 423 kabupaten/kita yang dilakukan pemantauan berada di zona kuning (76%-90%). Kepatuhan ini pun berdampak pada penurunan kasus positif dalam beberapa minggu terakhir.

"Berdasarkan data, dalam satu minggu terakhir, sebanyak 144 kabupaten/kota memiliki kepatuhan memakai masker di level 76% sampai 90%. Selain itu sebanyak 115 kabupaten/kota memiliki kepatuhan memakai masker di level 91%-100% (zona hijau)," sebutnya. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat