visitaaponce.com

Turki Apresiasi Strategi Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi

Turki Apresiasi Strategi Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi
Stafsus Presiden Billy Mambrasar di Konferensi Pemuda Tingkat dunia(Dok. pribadi)

PERWAKILAN pemerintah Turki dalam Konferensi Pemuda Tingkat Dunia di Istanbul memuji stratgei pendidikan Indonesia di masa pandemi Covid-19.

“Saya sangat terkesan dengan strategi pemerintah Indonesia, dalam respons cepat tanggapnya, mengelola pendidikan Indonesia, di era Pandemi Covid 19," Ujar Emer ORUC dari Kementerian Kebudayaan Turki, 

Konferensi itu  diselenggarakan oleh Organisasi Pemuda yang didirikan oleh alumni Pesantren Gontor Indonesia: Youth Break the Boundaries (YBB), bermitra Islamic Countries Youth Forum (ICYF), dan pemerintah negara Islam lain seperti Turki, Pakistan, dan Azerbaijan.

Konferensi dihadiri oleh ratusan delegasi, dari beberapa negara seperti: Indonesia, Azerbaijan, Pakistan, Turki, Bangladesh, Ekuador dan beberapa negara lain. Hadir sebagai pembicara kunci, Staf Kusus PresidenBilly Mambrasar, juga Wakil Ketua DPR RI: M. Azis Syamsuddin, 5 Anggota DPR dari Beberapa Komisi, Juru Bicara Presiden Pakistan, Duta Besar RI untuk Turki, serta beberapa pejabat perwakilan beberapa negara.

Billy Mambrasar mengatakan, di masa pandemi, pemerintah telah melakukan yang terbaik dalam bidang Pendidikan dengan kementerian Pendidikan. 

Respon cepat pemerintah berupa sejumlah kebijakan yang dibuat, diantaranya ana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang setiap tahun diterima sekolah untuk operasional sekolah, pada masa pandemic boleh digunakan untuk memenuhi kuota dan pulsa pendidik dan murid, termasuk bantuan langsung dari pemerintah. 

Kurikulum penyesuaian sistem, juga menjadi bagian yang disoroti. Penyederhanaan kurikulum dan menjadi Langkah tepat dalam memutus penyebaran covid 19. 

"Intervensi program sosial berupa pemberian pulsa dan kuota data internet per bulan, per anak diharapkan menjadi penyemangat dan jembatan antara guru dan murid,: ujar Billy.

Baca juga : Doni Monardo Dianugerahi Gelar Doktor Honorisdari IPB University

Di sisi lain, Billy mengungkapkan, telah mendiskusikan sejumlah isu pendidikan kepada Presiden Joko Widodo untuk bisa diterapkan. 

Billy Mambrasar mengingatkan seluruh delegasi konferensi Internasional ini dengan 4 pesan. Pertama, Pendidikan tidak boleh dilupakan, walaupun di era Pandemi Covid 19 sekalipun. 

"Apa yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia merupakan upaya untuk tetap mendorong Indonesia, menjadi negara Maju, dengan arahan Presiden, bahwa prioritas pada SDM menjadi fokus Pemerintah Indonesia saat ini," ujarnya.

Kedua, harus mengapresiasi Pemerintah baik eksekutif dan legislatif, atas apa yang telah dilakukan. Mereka ini membuat keputusan dengan cepat, tepat dan relevan dalam situasi ini. 

Ketiga,, jangan menyerah, sekolah dan fokus menyelesaikan pendidikan kita dengan nilai terbaik. Lalu kembangkan diri kita dengan berbagai kegiatan organisasi dan ekstra kurikuler lainnya.

"Keempat, mari selalu tempatkan diri kita sebagai pemimpin, di tengah situasi krisis sekalipun. Kita sebagai anak muda, harus berlatih menjadi pemimpin, dan kita harus menawarkan solusi, bukannya malah “nyinyir” dan marah-marah. Misalnya, kita bisa membantu mendirikan pusat belajar informal di kampung kita, untuk mendorong penyediaan pendidikan bagi semua orang," pungkasnya. 

Selain memberikan apresiasi atas kinerja pemerintahan tersebut, Emre ORUC juga memaparkan program beasiswa dari Pemerintah Turki, untuk anak-anak Indonesia yang ingin berkuliah di Turki, dengan gratis, atas pembiayaan pemerintah Turki.

“Kami terus meningkatkan jumlah kuota beasiswa untuk anak-anak Indonesia, dan kami berharap, 2 negara muslim ini bisa menjadi mitra kerja Pembangunan dalam Jangka Panjang. Sampaikan salam saya untuk Pak Presiden, semoga beliau sehat selalu”, Ujar Emre, seperti terlihat dalam video Pendek yang diunggah Stafsus Billy dalam kanal Youtubenya. (RO/OL-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat