visitaaponce.com

Ini Tips Sikapi Pandemi Covid-19 dengan Benar dari Dokter Tirta

Ini Tips Sikapi Pandemi Covid-19 dengan Benar dari Dokter Tirta
Tirta Mandira Hudhi atau Dokter Tirta(Dok. BNI)

BANJIR informasi di media sosial mengenai pandemi Covid-19, kadang membingungkan masyarakat, Meluruskan banyaknya informasi tersebut, Xaham.id menggelar Community Service Sharing bersama Tirta Mandira Hudhi atau akrab disapa Dokter Tirta yang merupakan dokter, pengusaha, dan influencer, Jumay (9/7).

Sharing session bertajuk “Yuk Sehat Fisik dan Mental.” itu bertujuan memberikan pemahaman yang lebih luas terkait Covid-19, tata cara melakukan isolasi mandiri dan tips untuk senantiasa menjaga kesehatan fisik dan mental. Acara itu juga didukung dan diramaikan oleh ESQ Business School, Ammana, Pandemictalks dan Amazing Malang.

Di awal sesi, Firdza Radiany, inisiator Pandemic Talks, selaku moderator bertanya kepada dokter Tirta, “Rakyat Indonesia, khususnya pemilik UMKM merasa bingung karena pegawainya terpapar positif. Nah apa sih dok tipsnya agar isoman yang dijalanin itu bener dan gak panik buat yang awam?”

“Tipsnya adalah menghindari antibiotic dan obat-obatan yang dibeli sendiri tanpa resep dokter. Konsumsi paracetamol untuk meredakan panas, minum vitamin C yang umum saja. Ingat jangan jadi dokter buat diri sendiri loh ya. Ini bahaya, nantinya malah nimbulin penyakit lainnya,” tegas dokter Tirta.

Tak hanya itu, ia menambahkan, Isoman itu bagi yang OTG, gejala ringan, dan sedang saja. 

"Dianjurkan untuk konsul ke dokter, sekarang praktis udah ada telemedicine, gausah panik, mental dijaga. Lalu bedrest istirahat yang cukup. Kalau gejala berat harus ke Rumah Sakit segera, jangan sepelekan virus dan bakteri ya," ujarnya.

Baca juga : Besok Asrama Haji Resmi jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19, ada 910 Tempat Tidur

“Dan yang paling simple itu kita harus menghindari kerumunan, pake masker double sesuai aturan, olahraga ketika sehat bukan olahraga ketika sakit. Makan-makanan bergizi dan patuhi prokes. Untuk vitamin lebih baik konsumsi buah yang banyak dan sayur, hindari berita-berita yang belum tentu kebenarannya, dah itu aja,” sambungnya.

Dokter Tirta juga menanggapi pertanyaan mengenai Euro 2020 saat stadion bisa dipenuhi penonton tanpa harus jaga jarak dan memakai masker. 

 “Kalian tau gak? Tahun lalu Inggris atau Eropa lockdown selama 3 bulan. Mereka patuh sama pemerintahnya saat lockdown. Saat disuruh vaksinansi mereka nurut dan 80% sudah vaksin. Coba lihat Indonesia, PPKM sekarang aja masih ada yang berseliweran. Vaksinasi masih 10%. Nah loh.”

Oleh karenanya, pria yang dikenal sebagai influencer itu mengimbau kepada semua peserta yang berasal dari Jepang, Kuala Lumpur, Malaysia serta Indonesia, untuk segera vaksinasi. Karena vaksinasi yaitu sebuah upaya untuk meningkatkan imun, kemampuan infeksinya menurun, dan bisa membentuk antibody.

“Kami berharap dengan adanya webinar ini peserta akan lebih aware terhadap kesehatan dirinya sendiri, keluarga dan lingkungan terdekatnya. Peserta juga dapat mengetahui berita / informasi yang valid secara langsung dari narasumber yang terpercaya,” ujar Anjar Yusuf Ramadan, Founder of Xaham.id. (RO/OL-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat