visitaaponce.com

Soal Wisata Glow, BRIN Kebun Raya Bogor bukan Cagar Alam

Soal Wisata Glow, BRIN: Kebun Raya Bogor bukan Cagar Alam
Aksi teaterikal Selamatkan Kebun Raya Bogor memprotes bisnis komersial wisata malam Glow.(Antara)

KEPALA Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko menegaskan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir dengan rencana pembangunan wisata Glow di Kebun Raya Bogor. 

Sebab, program tersebut tidak akan mengganggu ekosistem yang ada di Kebun Raya Bogor. "Memang tidak perlu ada kekhawatiran. Dari awal Kebun Raya Bogor bukan cagar alam. Lebih seperti taman kota yang memang buatan (artifisial)," tutur Handoko kepada Media Indonesia, Minggu (17/10).

Lebih lanjut, dia menjelaskan rencana program wisata itu akan terus berlanjut. Penyelenggara akan memulai riset, agar pembangunannya tidak mengganggu ekosistem di Kebun Raya Bogor.

Baca juga: Rencana Wisata Malam Glow Kebun Raya Bogor Tetap Berlanjut

Terkait target pembangunan, Handoko menyebut itu program itu akan dilakukan penyelenggara. Dalam hal ini, BRIN akan mendukung, sekaligus memastikan wisata Glow dapat memberikan manfaat lebih besar.

"Saya belum tahu persisnya, itu tergantung kesiapan teknis penyelenggara," pungkas Handoko.

Dia menambahkan bahwa BRIN siap menjamin pembangunan wisata Glow tidak merusak lingkungan sekitar. Pasalnya, proses awal pembangunan selalu dimulai dengan riset.(OL-11)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat