visitaaponce.com

Sebanyak 221 Mahasiswa Penerima Beasiswa dari Dana Zakat Diwisuda

Sebanyak 221 Mahasiswa Penerima Beasiswa dari Dana Zakat Diwisuda
Acara Wisuda Beasiswa Sarjana Mualat dengan tema 'Tantangan Lulusan Sarjana Abad 21' digelar secara daring.(Ist)

LEMBAGA Amil Zakat Nasional (Laznas) Baitulmaal Muamalat (BMM) dan Bank Muamalat Indonesia telah menggelar wisuda bagi para mahasiswa penerima manfaat program Beasiswa Sarjana Muamalat (BSM).

Wisuda dengan tema “Tantangan Lulusan Sarjana Abad 21” dilaksanakan secara daring dengan total wisudawan yakni 211 mahasiswa yang berasal dari 20 perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di berbagai wilayah Indonesia. 

Acara tersebut dihadiri Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas yang diwakili Dirjen Pendidikan Islam Kemenag Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani dan Direktur Operasi Bank Muamalat Awaldi sekaligus Pembina Yayasan BMM.

Selain itu, hadir pula Wakil Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Mokhamad Mahdum, SE, Ak, MIDEc, CA, CPA, CWM, Rektor IPB University Prof. Dr. Arif Satria, S.P., M.Si, Dewan Pengawas Syariah BMM, Dr. H. Mohammad Adnan, Lc. MA. LL.M, dan Direktur Eksekutif BMM Novi Wardi.

Pada kegiatan tersebut berlangsung pula launching dua buah buku karya para wisudawan penerima manfaat yang berjudul “Kreatif Menerobos Krisis” dan “Merakit Panggilan Langit”.

Selain itu, ada pengumuman seleksi program pendampingan jenjang strata 2 sebagai rangkaian acara wisuda.

“Semoga wisuda ini memberikan motivasi kepada bangsa Indonesia untuk terus melahirkan calon pemimpin masa depan. Saya berterima kasih kepada BMM yang secara konsisten memberikan perhatian kepada pendidikan," kata Menag Yaqut Cholil Qoumas yang dibacakan Ali Ramdhani dalam keterangan pers, Rabu (29/12).

"Semoga para wisudawan para penerima beasiswa BMM dapat berkiprah secara luas di masyarakat,” ujar Gus Yaqut.

Program BSM merupakan wujud dari bentuk pertanggungjawaban BMM dalam mengelola dana zakat dari Muzaki atau pemberi zakat khususnya Bank Muamalat.

Sementara itu, dalam sambutannya, Awaldi mengatakan,“Program BSM merupakan bentuk penyaluran dana zakat oleh Bank Muamalat melalui lembaga LAZ BMM di mana dana zakat tersebut bersumber dari zakat karyawan, zakat bagi hasil produk nasabah, dan zakat perusahaan."

 "Alhamdulillah beasiswa ini tidak hanya memberikan bantuan biaya pendidikan tetapi juga uang saku bagi para penerima manfaat serta kemampuan softskill lainnya,” jelasnya

Di sisi lain, Direktur Eksekutif BMM Novi Wardi mengatakan,“Tentunya program ini tidak dapat berjalan lancar tanpa sumbangsih dari para donatur dan Alhamdulillah sebanyak Rp6,45 miliar dana zakat telah tersalurkan untuk pengelolaan program Beasiswa Sarjana Muamalat."

"Besar harapan kami agar nantinya program ini dapat semakin memperluas kebermanfaatan dan jaringannya sehingga keterbatasan ekonomi tak lagi menjadi penghambat anak-anak Indonesia untuk mendapat pendidikan yang berkualitas,” paparnya. (RO/OL-09)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat