visitaaponce.com

Hari Ini, LTMPT Buka Registrasi Akun untuk SNMPTN 2022

Hari Ini, LTMPT Buka Registrasi Akun untuk SNMPTN 2022
Seorang lulusan SMA menunjukkan informasi hasil SBMPTN 2020 di Depok, Jawa Barat, Jumat (14/8/2020).(ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA)

LeEMBAGA Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah membuka penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri (PTN) tahun 2022. Penerimaan mahasiswa baru untuk jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SNMPTN) diawali dengan registrasi akun bagi sekolah yang dimulai hari ini, Selasa (4/1) hingga 15 Februari mendatang.

"Hari ini dimulai pengisian PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa) oleh sekolah. Pada 4 Januari hingga 15 Februari sekolah kami persilakan untuk membuka akun dan pengisian PDSS. Silahkan sekolah-sekolah untuk registrasi membuat akun LTMPT kemudian mengisi PDSS. Untuk siswa itu baru bisa membuat akun 10 Januari hingga 15 Februari," ujar Ketua Umum LTMPT Mochamad Ashari dalam konferensi pers, Selasa (4/1).

Rektor ITS itu menjelaskan bahwa registrasi akun bagi sekolah dan siswa memang berbeda. Keduanya tidak bisa dimulai atau dibuka bersamaan lantaran khawatir sistem server terganggu dan mengalami penurunan kinerja.

Baca jugaDikti-Ristek: Perguruan Tinggi Siap Gelar PTM 100% Mulai Februari

Baca juga: KSP : Belajar Tatap Muka 100% Sudah Pertimbangkan Kesiapan Pihak Sekolah

"Itu bisa sampai 2,4 juta pada saat itu baru dibuka, ini rawan terjadi kemacetan di IT sehingga kita geser, untuk sekolah dulu baru siswa buat akun," jelasnya.

Lebih lanjut, Ashari menyampaikan bahwa SNMPTN merupakan jalur undangan bagi siswa berprestasi. Siswa SMA atau sederajat diundang untuk mengikuti seleksi berdasarkan prestasi dari nilai rapor dengan kuota minimal 20% dari kapasitas yang tersedia di PTN.

"Tidak ada tes di situ, SNMPTN ini dipatok untuk seluruh PTN minimal 20% dari keseluruhan peserta. Ini berdasarkan akademik dan prestasi lain sesuai ketentuan, biaya ditanggung pemerintah, anak-anak tidak dipungut biaya," tutur Ashari.

Dia meminta para siswa benar-benar serius menyiapkan diri untuk memilih program studi yang diminati. Siswa yang diterima SNMPTN tidak diperbolehkan untuk kembali mengikuti UTBK SBMPTN. (H-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : HUMANIORA

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat