visitaaponce.com

Dikti-Ristek Perguruan Tinggi Siap Gelar PTM 100 Mulai Februari

Dikti-Ristek: Perguruan Tinggi Siap Gelar PTM 100% Mulai Februari
Sejumlah mahasiswa mendengarkan arahan pengelola saat berkunjung di Urban Farming Millenial, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (15/12/2021).(ANTARA/ABRIAWAN ABHE)

PLT. Dirjen Dikti-Ristek, Nizam mengungkapkan bahwa perguruan tinggi (PT) di Indonesia siap menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) dengan kuota 100% mulai awal semester tahun 2022 atau sekitar bulan Februari. Langkah ini sesuai arahan SKB 4 Menteri terkait PTM 100% yang juga sudah dimulai di jenjang pendidikan dasar dan menengah.

"Untuk perguruan tinggi sudah menyiapkan PTM. Insyaallah sudah sangat siap mulai awal semester ini," ujarnya dalam konferensi pers, Selasa (4/1).

Sesuai kalender akademik, awal semester perkuliahan akan dimulai sekitar akhir Januari hingga awal Februari. Dengan kesiapan yang matang perguruan tinggi bisa menggelar PTM 100% seperti jenjang pendidikan lainnya.

Baca juga: KSP : Belajar Tatap Muka 100% Sudah Pertimbangkan Kesiapan Pihak Sekolah

Nizam berharap situasi pandemi bisa terus membaik sehingga tidak menghambat persiapan dari berbagai perguruan tinggi di Tanah Air. Begitupun para mahasiswa juga bisa lebih siap untuk memulai PTM 100%.

"Alhamdulillah sejauh ini belum ada klaster baru dari PTM. Kuncinya disiplin, jaga protokol kesehatan," tuturnya.

Sementara itu, Rektor ITS Mochamad Ashari mengakui sudah menyampaikan kepada para mahasiswa untuk mempersiapkan PTM 100%. Pihaknya memanggil kembali mahasiswa yang berada di daerah untuk kembali ke Surabaya sebelum awal semester.

"Semester depan ini, bulan Februari itu kita minta semua mahasiswa datang ke Surabaya," kata dia.

Meski kondisi Pandemi belum ada kepastian kapan berakhir, Ashari mengatakan PTM akan dilakukan dengan berbagai skema. Para mahasiswa bisa mengikutinya di kelas 100% atau di lokasi lain di Kota Surabaya dengan kuota 50% bila keadaan belum membaik. (H-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : HUMANIORA

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat