visitaaponce.com

Ini Pentingnya Vitamin D Bagi Tubuh dan Cara Mendapatkannya

Ini Pentingnya Vitamin D Bagi Tubuh dan Cara Mendapatkannya 
Ilustrasi Vitamin D(Freepik.com)

VITAMIN D merupakan vitamin yang dapat larut dalam lemak. Mengonsumsi vitamin D penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Terdapat dua jenis utama vitamin D yakni vitamin D2 (ergocalciferol) yang berasal dari tumbuhan dan vitamin D3 (cholecalciferol) ditemukan pada ikan dan lainnya. Vitamin D juga dapat terbentuk secara alami ketika kulit terpapar sinar matahari secara langsung. 

Vitamin D memiliki begitu banyak manfaat untuk tubuh jika dikonsumsi dengan dosis yang cukup antara lain, memelihara kesehatan tulang dan gigi, meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga fungsi paru dan jantung, mencegah kanker, mengatasi depresi, menurunkan risiko diabetes. 

Vitamin D bisa diperoleh dari berbagai sumber seperti sinar matahari, makanan, dan suplemen. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin D, kita bisa berjemur di bawah sinar matahari pagi selama 15 sampai 20 menit, setidaknya tiga kali seminggu. 

Selain itu, kita biisa mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D seperti ikan salmon, tuna, sarden, minyak ikan, kuning telur ayam, daging merah, keju dan susu, jamur, dan buah jeruk. 

Baca juga : Pengguna Obat Kontrasepsi Jangan Lupa Cek Tensi

Dosis vitamin D diberikan berdasarkan usia dan kondisi tubuh. Usia 0 - 12 bulan membutuhkan 400 IU, usia 1 - 70 tahun membutuhkan 600 IU, usia lanjut serta ibu hamil dan menyusui membutuhkan 800 IU. Pada umumnya, vitamin D sediaan 400–5.000 IU dapat dibeli secara bebas, sedangkan vitamin D sediaan 50.000 IU hanya dapat dibeli dengan resep dokter. 

Kekurangan vitamin D bisa menimbulkan dampak buruk bagi tubuh. Ciri-ciri kekurangan vitamin D antara lain, mudah lelah, nyeri tulang dan otot, penyembuhan luka lebih lama, mudah terserang penyakit, kelainan tulang, dan perubahan suasana hati. 

Berikut ini adalah daftar suplemen vitamin D yang beredar di pasaran: Blackmores Vitamin D3 1000 IU, Calfos-D3, D-Pro 1000, Dailyfit Vitamin D + Calcium, Defa D3 1000 IU, Fitlife Vitamin D3, Harvit D 1000 IU, Joyvit-D3,Metcom-D3, Morfit-D 1000, Natura Vitamin D3 1000 IU, Nature`s Boss Vitamin D3 1000 IU, Nutracell Vitamin D3 1000 IU, Oxyvit D3, Pyfahealth Vitamin D3-400, Tomo Kenko Vit. D3 1000 IU, Vira-D, Vita-D 1000. 

Namun, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengonsumsi suplemen tambahan. (OL-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat