visitaaponce.com

Ajaran Islam Menyatukan Umat di Masa Pandemi

Ajaran Islam Menyatukan Umat di Masa Pandemi 
Ilustrasi bantuan Media Group di masa pandemi sebagai salah satu pengamalam solidaritas sosial(MI/Adam Dwi)

DIREKTUR Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag), Hilman Latief mengatakan, ajaran-ajaran Islam memiliki relevansi yang begitu besar dengan situasi pandemi. Saat pandemi, kata dia, pemikiran dalam Islam dengan adanya pandemi menyatukan kesadaran bersama bahwa doktrin ajaran Islam harus bekerja sama bergandengtangan, menerapkan hubungan saling membantu, saling tolong menolong di masa pandemi. 

"Orang berzakat, infaq, orang bersedekah, perusahaan mengeluarkan CSR, saling menolong ada orang yang terdampak berat keluarga, ada solidaritas baik," kata Hilman Latief dalam kajian online DKM Masjid Al-Maidah PT Pangansari Utama dengan tema Makna dan Hikmah Isra Mi'raj di Era Pandemi Covid-19 Serta Keutamaan Bulan Rajab dalam Islam, Jum'at (25/2). 

Hilman menjelaskan, islam memiliki bulan-bulan mulia termasuk Rajab. Menurutnya, bulan Rajab jadi waktu untuk bangun literasi yang kuat dengan perbanyak ibadah, doa dan menghentikan pertikaian. 

"Di bulan Rajab, kalau kita misalnya ingin mendapat kemuliaan maka harus menahan diri dari pertikaian," ujarnya. 

Baca juga : Lewat Presidensi G20, Pemerintah Siapkan Tata Kelola Data Lintas Negara

"Alhamdulillah Insha Allah pada bulan ini dalam beberapa hari yang akan datang memperingati Isra Mi'raj, saya kira, dan pada bulan ini bersama beberapa bulan lain dipandang sebagai bulan yang mulia," jelasnya. 

Menurutnya, Isra Mi'raj merupakan perjalanan spritual Nabi Muhamad dan harus dimaknai dengan. "Kalau kita pelajari, proses Isra Mi'raj adalah proses edukasi," kata dia. 

Sementara itu, Direktur utama Pangansari Group Maghfur Lasah mengatakan, kajian malam ini penuh kemulian karena dilakukan di bulan Rajab dan menjelang peringatan Isra Mi'raj. 

"Kebetulan kondisi kita dalam situasi pandemi bersifat global. Jadi tema kajian ini sangat pas sekali. Isra Miraj peristiwa penuh makna utnuk umat islam. Banyak hikmah dan pelajaran yang kita ambil untuk situasi ini," kata Maghfut Lasah. (OL-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat