visitaaponce.com

Program Citarum Harum Harus Selesai Pada 2025

Program Citarum Harum Harus Selesai Pada 2025
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan saat meninjau program DAS Citarum di Waduk Jatiluhur Purwakarta, Selasa (15/3).(MI/Reza Sunarya)

MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengajak seluruh institusi kompak, bekerja sama, dan berintegrasi untuk mencapai target program Citarum Harum pada 2025 mendatang. Ajakan itu disampaikan saat melakukan meninjau program Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum di Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (15/3).

Menurut Luhut, kegiatan budi daya di DAS Citarum harus ditata dan dikelola dengan baik. Semua pihak harus berkolaborasi kedati tidak mudah, namun kalau suma kompak, bekerja secara terintegrasi tidak ada yang tidak bisa diselesaikan. "Semua harus di tata bukan berarti tidak boleh ada keramba namun jumlahnya harus sesuai dengan daya tampung  danau tersebut," kata Luhut.

Sementara Gubernur Jawa Barat yang juga menjadi Komandan Satgas Citarum Harum, Ridwan Kamil mengatakan Indeks Kualitas Air (IKA) Citarum kini mengalami perkembangan, dimana sejak awal program Citarum Harum pada 2018 lalu, berada pada angka 33,43 poin dan berstatus cemar berat.

Pada 2021 capaian Indeks Kualitas Air (IKA) Citarum berada di angka 50,13 poin dengan berstatus cemar ringan. Ditargetkan pada 2025 mendatang, di akhir program Citarum Harum, kualitas air Sungai Citarum bisa mencapai mutu air kelas II dengan Indeks Kualitas Air (IKA) 60 poin.

Dalam kunjugannya LBP didampingi pula Menteri Kelauatan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono dan Gubernur Jawa Barat,Ridwan Kamil, serta Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika. (OL-15)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat