visitaaponce.com

Orang yang Dibesarkan dalam Kota Lebih Buruk tentang Navigasi

Orang yang Dibesarkan dalam Kota Lebih Buruk tentang Navigasi
Sejumlah anak bermain bola di Desa Sikapak Timur, Kota Pariaman, Sumbar.(Antara/Iggoy el Fitra.)

ORANG yang dibesarkan di perdesaan memiliki kepekaan arah dan keterampilan navigasi yang lebih baik daripada mereka yang dibesarkan di kota. Ini menurut penelitian, Rabu (30/3).

Untuk mengetahui bagaimana lingkungan masa kanak-kanak memengaruhi kemampuan navigasi, para ilmuwan mengamati hampir 400 ribu orang dari 38 negara memainkan video game seluler yang dirancang untuk penelitian ilmu saraf. Pemain gim Sea Hero Quest harus menavigasi perahu untuk menemukan pos pemeriksaan di peta, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature.

"Kami menemukan bahwa tumbuh di luar kota tampaknya baik untuk pengembangan kemampuan navigasi. Ini tampaknya dipengaruhi oleh kurangnya kompleksitas banyak jaringan jalan di kota," kata pemimpin peneliti Hugo Spiers dari University College London.

Penulis utama Antoine Coutrot dari University of Lyon mengatakan penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa ketika tikus tumbuh di kandang dengan jalur kompleksitas yang berbeda, "Kapasitas kognitif tertentu di otak mereka, termasuk navigasi spasial, juga dimodifikasi." Namun, manusia sedikit lebih sulit untuk dipelajari karena, "Kami tidak dapat mengunci mereka di kandang," katanya kepada AFP.

Jadi para peneliti menggunakan Sea Hero Quest yang dibuat pada 2016 untuk mempelajari penyakit Alzheimer dan sejak itu telah dimainkan oleh hampir empat juta orang. Coutrot mengatakan orang-orang yang tumbuh di daerah perdesaan mendapat skor lebih baik karena, "Perdesaan ialah lingkungan yang agak kompleks karena sangat tidak teratur, dengan jarak yang lebih jauh, yang berarti Anda harus mengingat rute Anda."

Baca juga: Kekebalan Hibrida Berikan Perlindungan Terbaik dari Covid-19

Namun, orang-orang yang dibesarkan di kota-kota yang lebih kompleks seperti Paris dan Praha memiliki navigasi jauh lebih baik daripada mereka yang berasal dari kota-kota dengan rencana jalan berbasis jaringan yang teratur seperti Chicago, tambahnya. Orang dewasa masih dapat meningkatkan rasa arah mereka di kemudian hari jika mereka mengusahakannya. "Ini seperti belajar bahasa lain, yang akan jauh lebih mudah jika Anda mempelajarinya ketika masih muda," kata Coutrot.

Para peneliti juga mengembangkan versi baru dari gim yang disebut City Hero Quest untuk menguji nasib penduduk kota di lingkungan alami mereka. Orang-orang yang dibesarkan di kota memang mengelola rencana jalan grid dengan lebih baik daripada mereka yang dibesarkan di perdesaan, tetapi perbedaannya tidak terlalu mencolok seperti sebaliknya. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat