visitaaponce.com

Wapres Minta Pemudik Lebaran Berhati-Hati dan Patuhi Prokes

Wapres Minta Pemudik Lebaran Berhati-Hati dan Patuhi Prokes
Calon penumpang bersiap naik ke dalam bus untuk menuju kampung halamannya di Terminal Poris Plawad, Tangerang, Banten.(ANTARA/Muhammad Iqbal)

PEMERINTAH mengimbau masyarakat agar tetap berhati-hati dan terus menerapkan protokol kesehatan secara ketat seiring dengan diperbolehkannya mudik Lebaran pada tahun ini. 

Menurut Wakil Presiden Ma’ruf Amin, kehati-hatian para pemudik penting demi mencegah transmisi covid-19 kepada sanak famili yang ditemui di kampung halaman.

“Untuk tahun ini, pemerintah akan memberi kelonggaran untuk membolehkan masyarakat mudik Lebaran. Tetapi, karena pandeminya belum hilang, kepada masyarakat supaya tetap berhati-hati,” pesan Ma’ruf saat memberikan keterangan pers usai memberikan bantuan sosial (Bansos) kepada masyarakat Aceh di Loka Rehabilitasi Sosial Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus (LRSAMPK) Darussa'adah di Jl Soekarno-Hatta, Desa Tingkem, Kec. Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar, Kamis (14/2).

Baca juga: Polri Prediksi 85 Juta Orang akan Mudik, 14 Juta Dari Jabodetabek

Ikut mendampingi Wapres dalam keterangan pers kali ini, Gubernur Aceh Nova Iriansyah, Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman, dan Bupati Aceh Besar Mawardi Ali.

Lebih lanjut, Ma’ruf berharap setelah Lebaran ini tidak terjadi lagi lonjakan kasus covid-19. Apalagi, tambahnya, jumlah pemudik pada tahun ini diperkirakan mencapai 80 juta orang.

“Dari berbagai perkiraan, yang mudik antara 70-80 juta orang. Nah, ini masyarakat supaya berhati-hati karena mereka pulang kampung di daerah itu ada orang tua, ada orang sakit, dan anak-anak,” imbaunya.

Ma’ruf menambahkan, pemerintah juga meminta masyarakat untuk melakukan vaksinasi bahkan hingga dosis booster sebagai upaya mewujudkan kekebalan kelompok dan sebagai bentuk proteksi diri khususnya saat mudik Lebaran.

“Makanya diminta untuk senantiasa menjaga diri dengan melakukan protokol kesehatan dan juga vaksinasi ya, harus dua bahkan tiga (kali) sampai booster,” pintanya.

Ma’ruf menyampaikan pemerintah, saat ini, terus fokus dalam upaya pemulihan ekonomi nasional serta peningkatan produktivitas masyarakat. Ia pun optimistis pandemi covid-19 dengan segala dampaknya akan segera berlalu.

“Insya Allah segala sesuatunya segera berlalu. Kita tahun ini sedang melakukan pemulihan ekonomi dan juga (meningkatkan) produktivitas masyarakat berkaitan dengan menurunnya covid-19,” pungkasnya. (OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat