visitaaponce.com

Menko PMK Jalur Darat Bakal Jadi Tulang Punggung Arus Mudik

Menko PMK: Jalur Darat Bakal Jadi Tulang Punggung Arus Mudik
Sejumlah bus yang akan mengangkut pemudik tujuan Jawa dan Sumatra terparkir di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta.(MI/ANDRI WIDIYANTO)

MENTERI Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyampaikan bahwa jumlah masyarakat yang akan mudik tahun ini diprediksi sangat tinggi. Secara khusus di jalur darat, pemerintah memperkirakan akan terjadi lonjakan.

"Memang ini sebagian besar mudik bergerak lewat darat, kenapa karena jalur udara belum pulih betul," ujarnya, Selasa (19/4).

Menurutnya, meski pandemi sudah membaik, jalur udara yang terkena hibernasi ekonomi belum seutuhnya pulih. Lantas, jalur darat menjadi pilihan utama bagi pemudik.

Selain itu, infrastruktur jalan yang memadai seperti jalan tol mendorong pemudik untuk lebih memilih jalur darat. Apalagi adanya kebijakan insentif pajak mobil juga turut berdampak pada tingginya pengguna kendaraan pribadi saat mudik nanti.

"Jadi perkiraan kita akan sangat tinggi karena kalau pun begitu di jalur udara bisa sampai 9 juta, laut 6 juta dan sisanya lewat darat. Dan sebagian besar menggukan kendaraan umum, tapi akan terjadi lonjakan penggunaan kendaraan pribadi," imbuhnya.

Untuk mengakomodasi peningkatan jumlah pemudik tahun ini, kata Muhadjir, pemerintah telah menyiapkan berbagai langkah strategis. Kemenhub mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan kendaraan umum.

Baca juga: Puan Minta Pemerintah Maksimal Lakukan Persiapan Mudik

Selain itu, bagi pengendara sepeda motor dianjurkan untuk menggunakan kendaraan umum yang bisa mengangkut sepeda motor. Salah satunya adalah Kereta Api yang menyiapkan gerbong barang untuk mengangkut sepeda motor.

"Sepeda motor dipakai putar-putar di tempat mudik saja. Karena angka kecelakaan tertinggi setiap mudik pasti terjadi di pengguna sepeda motor," jelasnya.

Terkait vakisn booster sebagai syarat mudik, Muhadjir menekankan pada kesadaran masyarakat. Apalagi saat ini pemerintah telah menyediakan banyak lokasi vaksin bagi masyarakat.

"Sekarang gak usah mikir pemeriksaan tapi bagaimana mereka mau booster dengan kesadarannya dan nanti dengan begitu insyaallah dia akan mudik dengan selamat, aman, gembira gitu," tandasnya.(OL-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akhmad Mustain

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat