visitaaponce.com

Epidemiolog Anak di Atas 6 Tahun Perlu Vaksin Booster

Epidemiolog: Anak di Atas 6 Tahun Perlu Vaksin Booster
Siswa SD menerima suntikan vaksin covid-19 dari petugas kesehatan.(Antara)

EPIDEMIOLOG dari Universitas Griffith Australia menilai pemberian vaksin covid-19 dosis booster pada anak berusia 6 tahun ke atas, akan menambah perlindungan bagi kekebalan tubuh. Serta, memberikan rasa aman kepada orang sekitar, khususnya orang tua dan guru.

"Sebetulnya, pada anak juga penting. Kalau misal masih tersedia vaksinnya, diberikan saja pada anak. Kecendrungannya, saat ini vaksinasi diperlukan tiga dosis," ujar Dicky kepada Media Indonesia, Jumat (8/7).

Baca juga: Menkes Tegaskan Vaksinasi Kurangi Daya Rusak Covid-19

Adapun vaksin booster pada anak diperlukan untuk mencegah terjadinya penularan covid-19 subvarian Omikron BA.4 dan BA.5, yang memiliki karakter penyebarannya lebih tinggi.

"Untuk anak yang sudah lebih dari 4-5 bulan, lalu disuntik reguler atau dua dosis, berikan saja dosis ketiganya. Kelompok berisiko juga sedang dilakukan program vaksinasi boosternya," imbuhnya.

Baca juga: 82,34% Remaja Sudah Divaksin Lengkap

Pihaknya juga menyoroti kesiapan sekolah untuk memeriksa dan memperbaiki sirkulasi atau ventilasi di ruangan kelas. Apabila kelas memiliki sirkulasi udara yang buruk, perlu segera diperbaiki. 

Hal ini penting, supaya mengurangi risiko penyebaran covid-19 dalam satu ruangan. "Kita menyadari di setiap sekolah tidak mungkin menyediakan filter atau menggunakan indikator CO2. Setidaknya, ada penambahan ventilasi jendela dan pintu yang dibuka," pungkas Dicky.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat