visitaaponce.com

Mengenal Teknik Pointilis pada Seni Rupa dan Langkah-langkah Membuatnya

Mengenal Teknik Pointilis pada Seni Rupa dan Langkah-langkah Membuatnya
Contoh lukisan pointilis(Jennifer Opiola / Pinterest)

TEKNIK pointilis adalah teknik menggambar dengan cara membentuk sebuah pola dari titik yang dibentuk sedemikian rupa, agar membentuk sebuah objek. Apabila saat melukis dengan teknik yang biasa, kita membentuknya dari garis, lingkaran, dan pola lain, dalam teknik pointilis, kita hanya memerlukan titik titik dari kuas yang kita bentuk sedemikian rupa. Semakin rapat titiknya, akan semakin gelap objek yang terbentuk. Sebaliknya, semakin renggang titiknya, maka akan semakin terang objek yang terbentuk. 

Langkah-langkah membuat pointilis

Karena membuat gambaran menggunakan titik, maka, pada umumnya, kita menggunakan kuas round, yang pada umumnya tajam di ujungnya. Hal itu untuk membentuk titik titik yang simetris. Dengan titik yang simetris, maka akan terbentuk pola yang tampak rapi dan membentuk sebuah objek. 

Baca juga: Ketua MPR RI Apresiasi Pameran Lukisan Langkah 5inga 7antan karya Ireng Halimun

Untuk membentuk sebuah objek dari teknik pointilis, kita perlu untuk membuat sketsa dari objek yang kita ingin buat, lalu identifikasikan bagian mana yang membutuhkan sebuah ruang yang cerah dan gelap. Hal itu untuk membantu kita menentukan kuantitas dari titik yang akan kita gambarkan dari berbagai ruangan. 

Lalu, untuk membuat gambar dengan menggunakan titik, perlu diperhatikan, bahwa teknik pointilis tidak menggunakan garis. Maka hindari penggunaan garis. 

Agar membentuk pola yang tepat, semakin gelap sebuah objek kita butuhkan, maka titik harus lebih dirapatkan, dan untuk mendapatkan ruang yang lebih terang, titik dibuat lebih renggang.

Tujuan teknik pointilis

Teknik pointilis tampak lebih kreatif dibanding teknik menggambar biasa, karena variatif warna yang terbentuk dan nilai yang dibawanya. Sebuah lukisan pada akhirnya bisa dibuat dari paduan sebuah subjek yang disusun dengan pola tertentu, agar membentuk sebuah objek. (OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat