visitaaponce.com

Pemerintah Diminta Percepat Penyiapan Vaksin Cacar Monyet

Pemerintah Diminta Percepat Penyiapan Vaksin Cacar Monyet
Ilustrasi vaksinasi(ANTARA FOTO/Ari B)

ANGGOTA Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo mendorong pemerintah menyiapkan vaksin cacar monyet/monkeypox sebagai langkah antisipasi penyebaran penyakit. Mengingat, kasus pertama sudah ditemukan di Jakarta setelah pasien melakukan perjalanan ke Eropa yakni Belanda, Swiss, Belgia dan Prancis sebelum tertular.

"Saya kira, nantinya wilayah yang berisiko tinggi dan wilayah-wilayah yang positif tinggi perlu vaksinasi agar cacar monyet ini tidak semakin luas. Artinya, kita harus siapkan kuda-kuda dengan melakukan vaksinasi, karena vaksin 85% ke atas bisa memberikan perlindungan dari penyakit ini," kata Rahmad, Senin (22/8).

Politikus dari F-PDI Perjuangan ini mengusulkan agar para tenaga kesehatan diberi pelatihan bagaimana proses penanganan serta pengendalian cacar monyet.

"Para nakes kita harus paham betul apa itu cacar monyet sehingga pada saatnya dia bisa mendiagnosis dengan tepat. Karena itu, mungkin perlu dipertimbangkan bagaimana kalau para nakes diberi pelatihan khusus soal cacar monyet," jelasnya.

Sebagai langkah pencegahan, pemerintah juga dinilai perlu melakukan edukasi pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit menular, termasuk covid-19 dan cacar monyet.

Diimbau jika ada masyarakat yang mengalami tanda-tanda yang mengarah kepada cacar monyet, yang bersangkutan harus segera melakukan kunjungan ke fasilitas kesehatan.

Rahmad menambahkan, meski wabah cacar monyet sepertinya sulit untuk dielakkan, masyarakat tidak perlu takut dan panik. Namun, masyarakat memang diminta untuk lebih berhati-hati dan waspada.

"Terkonfirmasinya cacar monyet ini jangan sampai menimbulkan kepanikan. Tapi ya, marilah kita berusaha sekuat tenaga melakukan berbagai upaya nyata agar wabah ini jangan sampai meluas," ungkapnya.

Baca juga: Dinkes DKI Jakarta Temukan 3 Orang Kontak Erat Kasus Cacar Monyet

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr Mohammad Syahril menjelaskan Kemenkes siapkan 10 ribu vaksin monkeypox setelah kasus pertama ditemukan.

"Sedang memproses untuk pengadaan dan harus melalui rekomendasi BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Insya Allah ada sekitar 10.000 vaksin diadakan dan akan diberikan ke yang menderita cacar monyet yang sedang inkubasi dan kepada mereka yang kontak erat," jelasnya. (OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat