visitaaponce.com

Menkes Daerah dengan Vaksin Booster Tinggi, Kadar Antibodi Juga Tinggi

Menkes: Daerah dengan Vaksin Booster Tinggi, Kadar Antibodi Juga Tinggi
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin covid-19 dosis booster.(Antara)

MENTERI Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan bahwa daerah dengan populasi vaksinasi covid-19 dosis booster yang tinggi, maka kadar antibodi juga meningkat hingga 4-6 kali lipat.

"Salah satu penyebab antibodi capai level 4.599, sehingga relatif terproteksi, karena boosternya dimulai sebelum Subvarian Omikron BA.4 dan BA.5 masuk. Populasi relatif terproteksi," ungkap Budi dalam RDP virtual dengan DPR RI, Selasa (30/8).

Berdasarkan paparan Budi, rentan umur terproteksi ialah 19-29 tahun sekitar 3.770. Lalu, umur 30-59 tahun sekitar 3.936, berikut 60 tahun ke atas sekitar 4.599. Pemerintah sedang mengkaji terkait vaksin booster untuk remaja dan booster kedua untuk lansia.

Baca juga: Satgas: Pemeriksaan Sifilis Bisa Dilakukan pada Suspect Monkeypox

Adapun vaksin yang sudah mendapatkan izin sebagai booster homolog remaja usia 16-17 tahun adalah vaksin Pfizer. Saat ini, pemerintah masih memiliki 10 juta stok vaksin covid-19, dengan komposisi 60% merupakan vaksin hibah dari merintah negara lain.

"Ini tawaran (hibah) masih masuk ke kita ya dari pemerintah luar negeri. Kita masih tahan melihat animo masyarakat dari masyarakat," pungkas Budi.(OL-11)

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat