visitaaponce.com

Baca Pesan Ketuhanan Borobudur di Festival Budaya Indonesia Bertutur

Baca Pesan Ketuhanan Borobudur di Festival Budaya Indonesia Bertutur
Gondola Team hadir di Festival Kebudayaan Indonesia Bertutur 2022 dengan membawa konsep instalasi labirin cahaya diberi judul "Oneness”. (Ist)

GONDOLA Team hadir dalam Festival Kebudayaan Indonesia Bertutur 2022 yang digelar di Kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, dengan membawa konsep instalasi labirin cahaya yang bertema Ke-Esa-an Candi Borobudur yang diberi judul “Oneness” 

Pilihan konsep yang dihadirkan Gondola Team berangkat dari payung tema "Indonesia Bertutur" yaitu mengalami perjalanan masa lalu untuk menuju masa depan, yang diwujudkan sebuah instalasi yang membuat pengunjung dapat merasakan perjalanan Borobudur itu sendiri dan belajar tentang nilai universal yang ada pada Borobudur itu sendiri. 

Borobudur sengaja di pilih oleh Gondola Team selain warisan budaya dunia juga memiliki nilai-nilai universal dapat diterima oleh seluruh manusia namun juga menyimpan misteri yang tak pernah habis di kupas. 

Baca juga : Festival Lampion Dijadwalkan Tutup Perayaan Waisak di Borobudur

"Kami ingin bercerita tentang kehidupan yang menuntut kita untuk selalu memilih satu di antara banyak alternatif. Kita belajar dari dini untuk memilih secara bijaksana karena semua pilihan diharapkan selalu menuju kepada Pemilik Hidup," tutur Laila Azra salah satu anggota Gondola Team dalam keterangan pers, Sabtu (10/.9).

Pengunjung Oneness selain diajak merasakan perjalan sejarah Borobodur dan akan belajar tentang misteri keEsaan dari candi Budha terbesar di dunia yang dikemas secara atraktif.

Permainan lampu, labirin transparans di area seluas 100 m2 dan ambiens musik yang menenangkan diharapkan mampu menstimulasi semua indra penikmat seni di Indonesia untuk merasakan kebesaran, keagungan karya besar di masa lampau yang tak lekang di makan waktu dan mampu merenungi makna perjalanan dalam menemukan sang Pencipta yang dikemas secara modern dan kekinian. 

Gondola team adalah kelompok seniman yang dibentuk oleh Laila Azra, Ciska Wiharja dan Sapto Wibowo.

"Oneness" adalah karya kolaboratif pertama mereka dibawah naungan Gondola Team.  Kolaborasi ini mempunyai mimpi besar menjadi salah satu media eksplorasi seni bagi seniman - seniman Indonesia yang memadukan seni dan gaya hidup. (RO/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat