visitaaponce.com

Pengertian Storytelling dalam Pelajaran Bahasa Inggris

Pengertian Storytelling dalam Pelajaran Bahasa Inggris
Seorang pendongeng mendongeng di depan sejumlah murid TK dan SD saat acara Mendongeng Bersama 1001 Anak di Stasiun Purwokerto, Banyumas.(ANTARA/Idhad Zakaria)

BELAKANGAN ini, storytelling menjadi salah satu komponen yang penting dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di dunia kerja. Istilah ini sering kali mengacu pada kemampuan seseorang dalam membawakan cerita kepada pendengarnya.

Meskipun demikian, komponen ini tidak hanya bekerja saat kamu sedang membawakan sebuah cerita kepada orang-orang.

Lebih dari itu, storytelling dapat digunakan untuk menemukan pelanggan atau pengguna agar tertarik dengan produk atau layanan perusahaan.

Baca juga : Preposition of Place, Time, and Direction: Penggunaan In On At dan Contohnya

Berdasarkan fakta tersebut, tidak heran bila teknik ini sering digunakan oleh berbagai profesi, mulai dari penulis konten hingga manajer produk sekalipun.

Nah, apa yang sebenarnya dimaksud dengan storytelling ? Apa manfaatnya untuk kegiatan di dunia kerja, seperti marketing di era modern ini?

Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya yang sudah dirangkum dari berbagai sumber. 

Baca juga : Contoh Kata Kerja (Verb) dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Pengertian Storytelling

Pada umumnya, storytelling yang menggunakan media atau alat ini sudah sering kita lihat saat ini atau mungkin kamu juga sudah memilikinya. Novel merupakan salah satu media untuk seseorang melakukan storytelling dan membiarkan pembaca untuk menentukan maknanya. 

Media untuk bercerita bukan hanya ada pada novel saja, tetapi bisa juga pada gambar yang dengan adanya gambar tersebut untuk menyampaikan sebuah cerita. Bahkan, storytelling bisa juga disampaikan oleh perancang busana melalui media busana.

Hampir semua orang sangat suka ketika mendengarkan cerita apalagi cerita yang disampaikan sangat menarik, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Akan tetapi, seiring dengan bertambahnya umur atau mulai tumbuh dewasa, cerita yang disampaikan bisa berasal dari novel, komik, cerpen, hingga film dan bisa membuat pembaca atau penonton merasa terhibur.

Baca juga : Pengertian Adjective Clause, Rumus, dan Contoh Kalimat

Bahkan bercerita, sering sekali digunakan pada bidang bisnis, yang sering dijadikan sebagai suatu alat untuk mempromosikan sebuah produk. Produk harus yang diceritakan harus bisa membuat pembeli tertarik untuk membeli produk tersebut. Sementara itu, di dunia pendidikan, cerita sering dijadikan sebagai metode pembelajaran agar peserta didik mudah memahami materi yang diberikan.

Bercerita lebih sering dikenal dengan sebutan kata yang berasal dari bahasa Inggris, yaitu storytelling. Lalu, apa itu storytelling? 

Hal yang pertama kali dibahas adalah storytelling itu terdiri dari kata, yaitu story yang memiliki arti cerita atau kisah dan telling yang berarti penceritaan. Jadi, storytelling adalah suatu kegiatan atau aktivitas untuk menyampaikan sebuah cerita. 

Baca juga : Negara Terbesar di Dunia, ini Urutannya

Sementara itu, seseorang yang menjalani kegiatan storytelling disebut dengan istilah storyteller yang dalam bahasa Indonesia berarti pencerita atau pendongeng. Oleh sebab itu, seorang pendongeng pasti memiliki kemampuan storytelling yang sangat baik.

Sebelum memasuki zaman modern ini, storytelling sering menyampaikan cerita dengan menggunakan lisan saja. Dengan kata lain, storyteller belum menggunakan berbagai macam media atau alat ketika menyampaikan sebuah cerita kepada orang banyak. 

Setelah perkembangan zaman terus berkembang serta bercerita atau storytelling juga mengalami kemajuan, maka storytelling tidak hanya menggunakan lisan saja, tetapi sudah menggunakan alat atau media, sehingga seseorang bisa mengetahui sebuah cerita dengan membaca.

Baca juga : Urutan Lima Pulau Terbesar di Indonesia

Seperti asal katanya yang berasal dari bahasa Inggris, maka storytelling sangat pas untuk dijadikan metode pembelajaran terutama pelajaran bahasa Inggris. 

Seorang guru bisa memberikan menyuruh peserta didik untuk melakukan kegiatan storytelling di depan kelas dan teman-temannya akan mendengarkan cerita yang disampaikan. Tidak sedikit juga yang melakukan mengajar peserta didik untuk melakukan storytelling melalui dialog yang sudah dibuat.

Sementara itu, bagi seseorang yang ingin mengembangkan kemampuan storytelling untuk mendukung perjalanan karir bisa dilakukan secara otodidak dan bisa juga mengikuti berbagai macam pelatihan. Pelatihan storytelling sudah bisa ditemukan di mesin pencari atau di berbagai macam media sosial.

Baca juga : Mengenal Proverbs atau Peribahasa dari Inggris

Fungsi Storytelling

Sesuai yang sudah dijelaskan, storytelling dapat digunakan sebagai metode belajar bahasa Inggris kepada anak-anak. Selain untuk membuat anak-anak tertarik ada juga fungsi lainnya, yaitu:

  • Mengasah kemampuan berbicara dan mendengarkan dalam Bahasa Inggris.
  • Melatih pengucapan  ( pelafalan ).
  • Menambah pembendaharaan kosakata, frasa, dan idiom bahasa Inggris.
  • Meningkatkan kepercayaan diri dalam menggunakan Bahasa Inggris
  • Belajar budaya negara lain, apalagi jika storyteller seorang native speaker.

Selain untuk mengasah kemampuan anak-anak, skill storytelling juga sangat bermanfaat di dunia profesional, seperti:

  • Penulis konten atau copy writer saat ini menjadi salah satu pekerjaan yang banyak dicari. Selain menulis artikel, biasanya mereka juga menuliskan materi untuk media sosial bahkan untuk iklan sebuah merek . Dalam kasus-kasus ini, kemampuan berbicara harus secara lisan, namun juga secara tertulis untuk menyampaikan pesan secara tepat kepada audiens.
  • Presentasi. Selain keterampilan  public speaking , skill story-telling juga dibutuhkan dalam melakukan presentasi. Meskipun tidak selalu digunakan, hal ini bermanfaat untuk membuat suasana presentasi tidak tegang. (OL-1)

Baca juga : Apa itu Report Text? Berikut Ciri-Ciri dan Contohnya

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat