visitaaponce.com

Cara Belajar Efektif

Cara Belajar Efektif
Ilustrasi.(Antara/Asep Fathulrahman.)

BELAJAR merupakan aktivitas yang dapat dan mesti dilakukan oleh semua umur. Namun, tak hanya anak-anak, orang dewasa pun tak jarang belajar dengan cara yang kurang efektif.

Otak manusia mampu untuk mengingat informasi yang diterima sebanyak 2,5 petabit atau setara dengan 30 juta jam memutar video yang ada di YouTube. Untuk memanfaatkan kapasitas otak dengan efektif, ada beberapa cara untuk membantu melakukan hal tersebut.

Dilansir dari LP3I, berikut cara belajar efektif menurut pakar psikologi yang dapat diterapkan.

Belajar merupakan kebutuhan

Jadikan belajar sebagai kebutuhan yang harus dipenuhi agar bisa bertahan hidup. Saat belajar, Anda akan lebih bersungguh-sungguh dengan pola pikir kebutuhan tersebut. Anda tidak akan belajar dalam kondisi tertekan lagi, melainkan dengan suka cita.

Belajar di tempat yang disukai

Lokasi tempat belajar dapat memengaruhi mood seseorang ketika belajar. Ubahlah penampilan ruangan agar otak Anda dapat melihat sesuatu yang baru. Anda pun akan merasa lebih segar dan lebih semangat akibat perubahan tersebut.

Menyusun target

Susunlah jadwal dan target agar pembagian waktu belajar menjadi lebih efektif. Anda dapat memberikan hadiah pada diri ketika mencapai target yang telah disusun.

Berperan menjadi guru

Cobalah berperan menjadi guru dan ajarilah kembali materi yang telah dipelajari kepada diri sendiri. Menurut pakar psikologi, belajar akan efektif jika Anda mengulang kembali materi yang sudah dipelajari.

Buat latihan ujian

Selain menjadi guru, cobalah membuat beberapa latihan soal untuk menguji diri Anda. Setelah menyelesaikan ujian tersebut, periksa jawaban Anda. Anda pun akan tahu seberapa luas pengetahuan Anda terhadap topik tersebut.

Jeda

Berikan jeda agar otak dapat meresapi informasi tambahan lain. Anda tidak boleh memaksakan diri agar usaha sebelumnya dapat bekerja dengan efektif. Jeda ini berarti otak dapat menjadi segar kembali dan siap bekerja lagi.

Bersikap kritis

Latihlah agar otak lebih kritis dengan materi yang sudah dipelajari. Coba menganalisis kebenaran dari materi. Latihan analisis tersebut dapat membuat seseorang lebih mudah mengingat untuk ujian nanti.

Hindari musik dengan lirik

Musik dapat membantu meningkatkan konsentrasi seseorang. Namun, jika mendengarkan musik dengan lirik saat belajar, Anda dapat terdistraksi dan malah menyanyi bersama lagu tersebut. Cobalah mendengarkan musik klasik untuk pikiran yang lebih segar.

Baca ringkasan materi sebelum tidur

Membaca kembali ringkasan materi sebelum tidur merupakan anjuran dari pakar. Hal tersebut dapat membantu proses mengingat. Jangan lupa juga untuk tidur dalam kurun waktu 7 hingga 9 jam per hari agar pikiran terasa segar ketika bangun.

Berdiskusi

Anda dapat belajar bersama orang lain dan berdiskusi bersama. Saat berdiskusi, Anda dapat bertukar pikiran dan akan mendapatkan informasi tambahan yang mungkin tidak didapatkan saat belajar mandiri.

Itulah beberapa cara belajar efektif yang dapat Anda aplikasikan untuk meraih prestasi setinggi mungkin. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat