visitaaponce.com

Ini Ciri-Ciri Mahluk Hidup

Ini Ciri-Ciri Mahluk Hidup
Ilustrasi(sumber.belajar.kemdikbud.go.id)

MAKHLUK hidup adalah organisme biologis yang mampu menjalankan fungsi dan ciri ciri kehidupan. Manusia merupakan makhluk hidup dan memiliki ciri-ciri dari makhluk hidup. Maka, untuk dapat mengategorikan suatu organisme sebagai makhluk hidup, berikut adalah ciri ciri dari makhluk hidup.

Baca juga: Ini Fungsi Membran Sel pada Manusia, Hewan, dan Tumbuhan

1. Membutuhkan udara untuk bernapas

Ciri ciri paling umum dalam makhluk hidup adalah membutuhkan udara sebagai komponen utama dalam sistem pernafasan. Proses pernapasan akan melibatkan oksigen dan karbondioksida, dengan oksigen akan dimasukkan ke dalam tubuh dengan cara dihirup melalui hidung, dan karbondioksida, nantinya akan dibuang.

2. Membutuhkan makanan

Sebagai makhluk hidup, untuk dapat bertahan, makanan dan minuman adalah salah satu kebutuhan dasar yang harus dipenuhi. Makanan nantinya akan berfungsi sebagai sumber energi dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, dan minuman sebagai komponen hidrasi tubuh, lantaran tubuh manusia terdiri dari 70% air.

3. Dapat bergerak

Manusia, hewan, tumbuhan, dan organisme hidup lainnya, juga memiliki ciri ciri yang dapat dikategorikan sama, yaitu bergerak. Bergerak akan menciptakan perpindahan, selain itu, bergerak juga membutuhkan energi dalam pelaksanaannya. 

Manusia dapat bergerak dengan kaki, begitu juga hewan yang dapat berjalan, terbang, dan berenang. Pada tumbuhan, gerakan dapat dikategorikan pada gerak taksis, nasti, dan tropisme,

4. Dapat berkembang biak

Ciri-ciri makhluk hidup lainnya, yang tidak dimiliki oleh organisme mati, adalah dapat berkembang biak dan bertumbuh. Pada makhluk hidup, berkembang biak dapat dilakukan dengan proses reproduksi, dimana terjadi pembuahan dan vegetatif pada tumbuhan.

5. Bertumbuh

Pada makhluk hidup, seiring waktu terjadi pertumbuhan baik dalam segi ukuran, volume, dan fungsi tubuh. Pertumbuhan bersifat irreversible. Artinya, tidak dapat kembali ke bentuk semula.

6. Dapat beradaptasi

Salah satu ciri makhluk hidup lainnya, adalah dapat beradaptasi. Dengan beradaptasi, makhluk hidup dapat mengatur mekanisme yang terjadi pada tubuh untuk menyesuaikan diri pada lingkungan. Dengan kemampuan ini, makhluk hidup dapat bertahan hidup di situasi dan kondisi yang berubah ubah. (OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat