visitaaponce.com

Sifat-Sifat Terpuji Anjing Menurut Syaikh Nawawi Al-Bantani

Sifat-Sifat Terpuji Anjing Menurut Syaikh Nawawi Al-Bantani
Pekerja bersiap memasukkan anjing ke dalam kandangnya untuk dikirim ke luar negeri di shelter Jakarta Animal Aid Network (JAAN).(Antara/Arif Firmansyah.)

DALAM kultur sosial di Indonesia, terutama bagi umat Islam, anjing merupakan hewan yang dianggap menjijikkan dan dan membahayakan. Namun Syekh Nawawi Al-Bantani melihat sejumlah keutamaan hewan yang diharamkan Allah untuk dimakan dagingnya itu.

Ada sejumlah anggapan bahwa anjing dicap sebagai binatang yang haram disentuh. Padahal, anjing sebetulnya hanya haram dimakan, bukan disentuh. Syekh Nawawi dalam kitab Kasyifat as-Saja, tepatnya pada bab najis, menyatakan bahwa sepantasnya seorang mukmin meneladani sifat-sifat anjing yang terpuji sebagaimana dilansir dari @limofficial_lirboyo di Instagram. 

Tidak kenal kenyang

Anjing ialah hewan yang terus menerus merasakan lapar. Hal semacam ini merupakan karakter orang-orang saleh. Mereka senantiasa lapar karena tidak banyak makan. Soalnya, banyak makan menyebabkan malas beribadah.

Paling patuh

Jika seekor anjing diusir sebanyak seribu kali, ia tidak akan beranjak dari pintu rumah tuannya. Hal ini menyerupai perilaku orang-orang shiddiqin alias orang-orang yang jujur. Mereka senantiasa setia karena meyakini kejujuran yang mereka pegang. 

Baca juga: Kisah Seorang Pria yang Bertobat dari Membidahkan Maulid Nabi

Terbiasa tidur di atas tanah 

Hal ini merupakan cerminan orang yang rida atau rela dengan takdir mereka. Ketika tempatnya berdiam diri ditempati oleh selainnya, anjing akan memilih mencari tempat lain.  Perilaku ini cerminan orang-orang yang memiliki sifat terpuji. 

Bepergian tidak membawa bekal 

Anjing berjalan mencari rezeki tanpa membawa apa-apa. Hal itu merupakan ciri-ciri orang yang senantiasa bertawakal. Itulah beberapa sifat terpuji dalam diri anjing. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat