visitaaponce.com

Pantangan Kolesterol, ini yang tidak Boleh Dimakan

Pantangan Kolesterol, ini yang tidak Boleh Dimakan
Pengecekan tensi darah, kolesterol, gula darah, dan pemberian obat serta vitamin guna meningkatkan kesehatan keluarga khususnya lansia.(Antara/Makna Zaezar.)

KOLESTEROL adalah lemak yang diproduksi oleh tubuh dan berasal dari makanan hewani. Kolesterol membantu tubuh memproduksi vitamin D, sejumlah hormon, dan asam empedu untuk mencerna lemak. 

Apabila dalam takaran yang tepat, tubuh memang sejatinya membutuhkan lemak. Namun, konsumsi lemak yang berlebihan akan menciptakan kolesterol tinggi atau disebut juga dengan hiperkolesterolemia. 

Faktanya, kolesterol tinggi terjadi karena kadar konsumsi lemak yang tinggi. Berikut delapan jenis makanan yang menjadi pantangan untuk pengidap kolesterol atau mencegah terjadinya kolesterol.

Lemak jenuh

Lemak jenuh atau yang sering juga disebut dengan lemak jahat merupakan jenis lemak yang pada umumnya berasal dari hewan. Berbagai produk lemak jenuh seperti daging merah, daging unggas, dan produk olahan susu ialah contoh dari produk lemak jenuh yang harus dihindari karena dapat menciptakan kolesterol tinggi.

Gorengan

Gorengan juga mengandung lemak yang tinggi. Ini dapat menciptakan kondisi kolesterol yang tinggi juga. Karenanya, penting untuk menghindari konsumsi berlebihan jenis makanan gorengan seperti tahu, tempe, bakwan, ayam goreng, dan kawan-kawannya.

Lemak trans

Lemak trans adalah salah satu bentuk lemak jenuh. Artinya, ini dapat ditemukan pada produk hewani seperti daging. 

Namun, pada umumnya, lemak trans ditemukan pada industri pangan yang memproduksi lemak buatan yang berasal dari hidrogen yang ditambahkan ke dalam minyak sayur. Produk ini menciptakan kadar lemak yang tinggi yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi.

Jeroan

Jenis makanan selanjutnya ialah jeroan. Kendati memiliki rasa yang enak, jeroan yang terdiri dari hati, otak, usus, ampela, jantung, dan organ lain dari hewani seperti ayam dan sapi juga menyimpan kadar lemak yang tinggi. Konsumsi berlebihan akan menyebabkan hiperkolesterolemia.

Kulit

Pada hewani, kulit juga menjadi salah satu produk yang dapat dikonsumsi. Namun, berbagai jenis kulit hewani seperti kulit ayam, sapi, dan kikil faktanya mengandung lemak jenuh yang lebih tinggi dari daging itu sendiri. Karenanya, konsumsi berlebihan dari jenis kulit hewani akan menciptakan kolesterol yang tinggi juga.

Telur ayam

Salah satu produk unggas lain yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi ialah telur ayam. Kuning telur pada ayam diperkirakan mengandung sekitar 242 miligram kolesterol. Apabila dikonsumsi berlebihan, telur ayam juga dapat menjadi sumber dari hiperkolesterolemia.

Makanan cepat saji

Makanan cepat saji atau junk food mengandung kolesterol yang sangat tinggi. Hal ini disebabkan oleh proses pengolahannya yang mengandung minyak yang tinggi juga. Selain itu, produk dari junk food juga merupakan jenis makanan yang memiliki kolesterol tinggi.

Udang

Salah satu makanan yang mengandung kadar kolesterol yang tinggi ialah udang. Udang memiliki jenis lemak jenuh yang tinggi, sehingga dapat menyebabkan hiperkolesterolemia. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat