visitaaponce.com

Mengenal Sandi Rumput Pramuka A-Z, Kegunaan, dan Contoh

Mengenal Sandi Rumput Pramuka A-Z, Kegunaan, dan Contoh
Sandi morse dan sandi rumput.(DOK Pribadi.)

SANDI rumput sejak zaman dulu selalu digunakan untuk mengirim pesan atau alat bertukar pesan rahasia kepada orang-orang tertentu. Munculnya sandi morse atau kode morse selalu berkaitan dengan awal mula telegraf dapat digunakan sebagai media untuk berkomunikasi. Munculnya telegraf dilatarbelakangi dengan pengiriman pesan yang membutuhkan waktu cukup lama agar sampai ke tempat yang akan dituju.

Sesuai dengan namanya, sandi rumput tersebut memiliki kode yang serupa dengan rumput. Dikutip dari Buku Panduan Pramuka Siaga, Agus S. Dani danBudi Anwari (2005: 104), sandi rumput ini termasuk bentuk terapan dari sandi morse yang awalnya berupa titik dan garis.

Kalau berbicara tentang sandi morse, sebenarnya bukan hanya diperuntukkan sebagai sarana berkomunikasi bagi para anggota Pramuka, tetapi sudah banyak digunakan di berbagai macam alat, seperti telegraf. Pada awal kemunculannya, sandi morse digunakan untuk mengirim pesan antara dua tempat yang tidak saling berdekatan. Telegraf adalah suatu alat komunikasi yang memiliki jangkauannya cukup luas dan cepat pada masa itu.

Lantas siapakah penemu dari sandi rumput itu? Berikut penjelasannya. 

Penemu sandi rumput

Penemu sandi rumput atau sandi morse yang sering digunakan dalam kegiatan pramuka ialah Samuel Morse pada 1835. Ia juga sebagai seorang pelukis dan penemu sistem telegraf elektronik tunggal serta penemu kode morse.

Kalau berbicara tentang sandi morse, sebenarnya bukan hanya diperuntukkan sebagai sarana berkomunikasi bagi para anggota Pramuka saja, tetapi sudah banyak digunakan di berbagai macam alat, seperti telegraf. Pada awal kemunculannya, sandi morse digunakan untuk mengirim pesan antara dua tempat yang tidak saling berdekatan. Telegraf adalah suatu alat komunikasi yang memiliki jangkauannya cukup luas dan cepat pada masa itu.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa sandi morse memang berfungsi untuk melakukan komunikasi. Tak bisa dibayangkan apabila pada masa itu sandi morse tidak ditemukan kemungkinan besar kita akan sulit untuk berkomunikasi.

Dalam sandi morse biasanya akan tersusun dari simbol titik (.) dan simbol garis (-). Kedua simbol tersebut akan memiliki pola tertentu agar dapat melakukan komunikasi. Pada simbol titik, bunyi yang dihasilkan merupakan bunyi pendek. Sedangkan pada simbol garis, bunyi yang dihasilkan ialah bunyi panjang.

Kegunaan sandi rumput

1. Sarana komunikasi dalam keadaan tertentu.

Sandi rumput sebagai sarana komunikasi dapat digunakan ketika kita berada pada situasi tertentu. Misalnya tidak ada gawai, menyampaikan pesan rahasia, maupun saat komunikasi harus disampaikan tidak lewat suara. Sandi rumput akan menjaga keamanan pesan yang kamu sampaikan.

2. Menyampaikan pesan rahasia.

Bagi orang yang tidak mengerti sandi rumput, bentuknya yang khas terlihat seperti coretan asal tanpa makna apapun. Sebaliknya, bagi yang mengerti, sandi rumput merupakan pesan khusus yang bersifat sangat rahasia.

3. Meningkatkan daya ingat dan kecerdasan.

Anggota pramuka harus menghafal semua bentuk dan rumus yang digunakan dalam sandi rumput. Kegiatan ini secara tidak langsung akan meningkatkan daya ingat kamu.

Di samping itu, ketika kamu banyak berlatih menulis dan memecahkan sandi rumput, kemampuan otak kamu akan meningkat sehingga menjadi lebih cerdas.

4. Sebagai permainan.

Pramuka bukan sekadar baris berbaris, survival, atau penanaman nilai-nilai kepribadian. Sering kali anggota pramuka diajak melakukan permainan yang bermanfaat dan dapat mengasah kemampuan diri.

Nah, salah satu permainan yang sering dipakai ialah sandi rumput. Cara bermainnya berbagai macam, tergantung arahan dari pembina. Misalnya memecahkan penunjuk arah yang ditulis menggunakan sandi.

Contoh sandi rumput

Pada dasarnya, sandi ini ditulis menggunakan kombinasi antara garis tinggi dan pendek yang disusun agar mirip seperti rumput yang berjejer. Garis tinggi dan pendek tersebut merupakan pengganti titik serta strip dalam kode morse. Jadi setiap strip (-) dalam kode morse ialah garis tinggi dalam sandi rumput dan setiap titik (.) merupakan garis pendek.

Untuk membuat contoh, hal yang penting untuk dipahami yaitu huruf-hurufnya berdasarkan rumus kode.

A= . –

B = –. . .

C = –.–.

D = –..

E = .

F = . – –

G = – – .

H = . . . .

I = . .

J = . – – –

K = – . –

L = . – . .

M = – –

N = – .

O = – – –

P = . – – .

Q = – – . –

R = . – .

S = . . .

T = –

U = . . –

V = . . . –

W = . – –

X = – . . –

Y = – . – –

Z = – – . .

Setelah memahami kode setiap alfabet dalam bentuk sandi morse, selanjutnya anggota pramuka bisa mengubah sandi morse tersebut menjadi sandi rumput pramuka. Setiap titik diubah menjadi rumput yang pendek dan setiap garis menunjukkan gambar rumput yang lebih tinggi. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat