visitaaponce.com

Mengenal Sterilisasi pada Kucing, Biaya dan Manfaat Kebiri

Mengenal Sterilisasi pada Kucing, Biaya dan Manfaat Kebiri
Sejumlah dokter hewan melakukan operasi sterilisasi kucing di Puskeswan Ragunan, Jakarta.(ANTARA/Sulthony Hasanuddin)

KUCING merupakan salah satu hewan yang paling populer untuk dipelihara. Hal ini disebabkan karena kucing memiliki tampilan yang menggemaskan dan juga lucu. 

Namun, memelihara kucing bukanlah hal yang mudah. Untuk membuat kucing yang sehat dan baik, diperlukannya tenaga, waktu, dan sumber daya yang cukup.

Baca juga: Kucing juga Punya Pantangan Makanan Lho

Maka, untuk menghindari proses reproduksi yang acap kali terjadi pada kucing, yang menyebabkan penambahan jumlah kucing, yang berpotensi tidak dirawat dan berakhir pada kematian kucing kucing kecil bisa dilakukan sterilisasi atau kebiri

Sterilisasi pada kucing

Melansir dari laman Halodoc, sterilisasi kucing adalah upaya untuk membatasi kegiatan reproduksi pada kucing dengan pengangkatan testis sebagai sumber utama hormon testosteron pada kucing jantan, dan pengangkatan ovarium serta rahim yang menciptakan kondisi mandul pada kucing betina.

Sterilisasi ini dilakukan dengan metode bedah dan dilakukan oleh veterinarian. Artinya, Anda tidak dapat melakukan prosedur sterilisasi tanpa bantuan dari profesional. Hal ini untuk menghindari infeksi dan paparan virus serta bakteri yang dapat mengancam kehidupan sang kucing.

Manfaat sterilisasi pada kucing

Sterilisasi kucing dilakukan agar kucing tidak dapat lagi melakukan reproduksi dalam menciptakan kucing-kucing baru. 

Berbeda dengan manusia, hewan tidak dapat memikirkan kebutuhan jangka panjang pascakelahiran. Oleh karena itu, pembatasan reproduksi atau sterilisasi bermanfaat untuk menghindari populasi berlebihan pada kucing. Populasi yang berlebihan ini dapat beresiko pada penelantaran anak-anak kucing yang bisa berakhir pada kematian.

Selain itu, sterilisasi juga dipercaya dapat membantu kucing terhindar dari penyakit, termasuk kanker serviks dan ovarium serta infeksi rahim pada kucing betina. 

Dengan sterilisasi, kucing juga mengalami penurunan tingkat libido. Hal ini membatasi kucing untuk beraktivitas secara berlebihan.

Biaya sterilisasi kucing

Biaya sterilisasi kucing dipengaruhi oleh banyak faktor. Artinya, tidak ada harga yang identik untuk prosedur ini. 

Biaya sterilisasi kucing betina, biasanya lebih mahal dibanding kucing jantan. 

Selain itu, biaya juga bergantung pada ras kucing yang dioperasi dan juga tempat operasi yang memiliki tingkat penawaran yang berbeda beda.

Pada umumnya, untuk kucing jantan ras kampung atau kucing domestik yakni berkisar Rp200.000-Rp300.000. Sedangkan kucing jantan ras yakni berkisar Rp300.000-Rp350.000.

Sedangkan biaya steril kucing betina lokal atau domestik pada umumnya berkisar antara Rp300.000 - Rp350.000. Selanjutnya untuk biaya steril kucing betina yakni Rp350.000-Rp1.000.000. (OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat