visitaaponce.com

Universitas Trisakti Serahkan Reka Cipta Mini Plant Budi Daya Maggot ke Dinsos DKI

UNIVERSTAS Trisakti menyerahkan reka cipta mini plant budi daya maggot dan alat pencacah organik kepada Dinas Sosial DKI Jakarta dalam rangka kontribusi kepada masyarakat melalui program Matching Fund Kedaireka Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Mini plant dan mesin pencacah tersebut secara resmi telah diberikan kepada Dinas Sosial DKI Jakarta pada acara serah terima yang dilaksanakan pada 7 Oktober 2022 bertempat di Panti Sosial Bina Remaja Taruna Jaya, Serpong.

Berdasarkan laporan ketua penerima dana hibah Matching Fund Dr. Khomsiyah,Ak.,CA.FCMA.,CGMA.,CRIB., mini plant budi daya maggot dan alat pencacah sampah organik ini diserahkan kepada tiga panti sosial milik Dinas Sosial DKI Jakarta yang berlokasi di Ceger, Plumpang, dan Serpong serta Central Maggot Depok.

Baca juga : Saat Buka Raker IKAFEB Trisakti, Bamsoet Ajak Antisipasi Ancaman Krisis Ekonomi Global

Pada program ini tim dari Universitas Trisakti memberikan pelatihan bagi SDM untuk merumuskan skema bisnis yang akan dilakukan, menggunakan alat, proses budidaya maggot, pengemasan produk, hingga penjualan produk.

“Universitas Trisakti akan terus mendampingi selama proses tersebut,” kata Khomsiyah.

Sementara itu Direktur Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Trisakti Prof. Dr. Astri. Rinanti, MT., menyampaikan terima kasih kepada Dinas Sosial DKI Jakarta atas kerja sama yang terlaksana.

Beliau juga berharap bahwa kegiatan ini dapat terus berlanjut dan alat tersebut dapat terus dimanfaatkan.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial DKI Jakarta Dra. Susy Dwi Harini, MM., menyampaikan terima kasih atas nama Dinas Sosial DKI Jakarta kepada Universitas Trisakti.

Beliau juga berpesan program tetap harus dijalankan, oleh karena itu Dinsos DKI Jakarta berharap kolaborasi dengan Usakti dapat terus berkembang.

Selain itu, beliau juga menegaskan dan berharap  bahwa program ini dapat menjadi kurikulum di dalam panti sehingga akan terus berlangsung.

Acara serah terima ini kemudian dilanjutkan peninjauan langsung ke lokasi mini plant budidaya maggot oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial DKI Jakarta dengan didampingi Ketua dan tim Penerima Hibah Matching Fund Usakti, Direktur LPPM Usakti, serta Kepala Panti Sosial Bina Remaja Taruna Jaya 2.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Anggota dari Tim Penerima Hibah Kedaireka antara lain Dra. Hartini, M.M, Dr. Winnie Septiani, S.T.,M.Si, IPM, Emilia Sari, S.T., M.T.,Ph.D, Dr. Ir.Ratnaningsih, M.T, Richy Wijaya, S.E.,M.M., CRA., CRP, mahasiswa Fakultas Teknologi Industri, mahasiswa/ Fakultas Ekonomi dan Bisnis, serta mahasiswa Fakultas Arsitektur Lansekap dan Teknik Lingkungan. (RO/L-09)

 

 

 

 

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat