visitaaponce.com

Mahasiswa Trisakti Gelar Peringatan Tragedi 12 Mei

Mahasiswa Trisakti Gelar Peringatan Tragedi 12 Mei
Upacara peringatan Tragedi Trisakti digelar di Tugu Reformasi Dalam Kampus A, Universitas Trisakti, Jakarta Barat.(MEDCOM/KAUTSAR WIDYA PRABOWO)

MAHASISWA Universitas Trisakti menggelar peringatan 26 tahun Tragedi 12 Mei 1998. Upacara peringatan Tragedi Trisakti digelar di Tugu Reformasi Dalam Kampus A, Universitas Trisakti, Jakarta Barat.

Acara dimulai dengan orasi yang disampaikan oleh presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) setiap yayasan Trisakti. Presiden Mahasiswa Trisakti Faiz Nabawi menegaskan acara ini sebagai pengingat bahwa ada empat mahasiswa Trisaksti yang gugur saat memperjuangkan reformasi.

"Teman-teman pun sadar bicara reformasi banyak hal ketatanan negara itu telah berubah. Salah satu dari puncak demokrasi adalah tempat abang-abang kita (gugur)," ujar Faiz dalam orasinya, Sabtu (11/5).

Baca juga : Delegasi DPR RI Suarakan Pentingnya Reformasi WTO

Selain itu, Wakil Presiden (Wapres) Mahasiswa Trisakti Ardhi Ramadhana menyampaikan bahwa acara ini untuk mengingatkan agar setiap mahasiswa dapat memantau gerak gerik oknum pelanggaran hak asasi manusia (HAM). Diharapkan kejadian serupa tak terjadi.

"Agar tidak terjadi kejadian yang berulang dan setiap masyarakat tidak menjadi korban selanjutnya," jelasnya.

Disamping itu, Ardhi juga menyebut pihaknya berencana menggelar audiensi dengan Komnas HAM dan Komisi III DPR RI. Ia ingin tragedi 12 Mei dapat diselesaikan melalui pengadilan HAM Ad Hoc.

"Karena sebelunnya kan diadakan pengadilan militer, kami mau ada pengadilan ad hoc," terangnya.

Diketahui, setiap 12 Mei diperingati sebagai Hari Peringatan Tragedi Trisakti. Empat mahasiswa Trisakti gugur di antaranya Elang Mulia Lesmana, Heri Hertanto, Hafidin Royan, dan Hendriawan Sie. (Medcom/Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat